Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Aplikasi Mutaba’ah Ramadhan

Aplikasi Mutaba’ah Ramadhan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Cuplikan Aplikasi Mutaba'ah Ramadhan oleh Dua Filter. (Raji Luqya Maulah)
Cuplikan Aplikasi Mutaba’ah Ramadhan oleh Dua Filter. (Raji Luqya Maulah)

dakwatuna.com –  Marhaban yaa Ramadhan, Ramadhan sudah tiba. Bulan Ramadhan tentu menjadi momen berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwanya. Sering kali kita melewati Ramadhan tanpa peningkatan kualitas ibadah, bahkan bisa jadi justru malah menurun, na’udzubillah min dzaalik.

Dalam ilmu keorganisasian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi menjadi hal yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Gagal merencanakan seperti kata bijak sama saja dengan merencanakan kegagalan. Pelaksanaan yang tak sesuai rencana akan berujung pada kebingungan dan ketidakteraturan. Begitupula evaluasi, menjadi sangat penting dalam memantau perkembangan dan hasil.

Sama halnya dengan ibadah, dalam keseharian kita beribadah, tidak terlepas dari ketiga hal tadi. Contohnya saja ketika ingin melaksanakan shalat. Tentu kita secara sadar memunculkan niat untuk shalat di dalam hati, ini sejatinya merupakan perencanaan. Begitupula dengan mengetahui jadwal waktu shalat. Kemudian kita mendirikan shalat sebagai bentuk pelaksanaan. Hal ketiga inilah yang banyak dilupakan orang, evaluasi atau lebih familiar di telinga kita dengan mutaba’ah. Umar r.a sendiri begitu disiplin memutaba’ah aktivitasnya selama sehari sebelum ia tidur. Begitu juga Rasulullah saw tak pernah luput dari memeriksa keadaan umatnya. Inilah konsep keteratutan ibadah.

Alhamdulillah, seiring berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan membuat kita semakin mudah melakukan aktivitas. Termasuk dalam ibadah, karena sesungguhnya perpaduan antara teknologi, ilmu pengetahuan, dan ibadah merupakan anugrah besar dari Allah swt.

Salah seorang mahasiswa Uiversitas Telkom Bandung bernama Faris Robbanie yang juga merupakan alumni Pesantren Terpadu Al-Kahfi Bogor, baru-baru ini membuat aplikasi spreadsheet mutaba’ah Ramadhan. Dengan apliksi ini kita bisa meng-input data perkembangan ‘amal yaumiyah kita selama bulan Ramadhan dan dengan mudah mengetahui hasilnya bahkan dalam bentuk prosentase. Dengan mudah akan terlihat seberapa berhasil target kita selama bulan Ramadhan ini tercapai.

Karena aplikasi ini berbasis spreadsheet, jadi membutuhkan perangkat yang mendukung. Contohnya laptop, desktop PC, dan beberapa gadget yang memiliki aplikasi support file spreadsheet.

Mudah-mudahan aplikasi ini dapat menjadi washilah bagi kita dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kita selama bulan Ramadhan, selamat mencoba!

Silahkan download aplikasinya DI SINI

(pirman/dakwatuna/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 9,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Raji Luqya Maulah
Mahasiswa LIPIA Jakarta. Lahir di Makassar tahun 1994, menyelesaikan pendidikan jenjang SMP dan SMA di Pesantren Terpadu Al-Kahfi Bogor. Anak ketiga dari empat bersaudara. Aktif di kegiatan dakwah kampus. Ketua Ikatan Silaturrahim Alumni Pesantren Terpadu Al-Kahfi (KASAHF.org).
  • Viqi Firdaus

    link downloadnya udah tidak bisa
    mohon diperbaiki :D

Lihat Juga

Ilustrasi - Jamaah shalat di sebuah masjid di Pattani, Thailand. (senejet.net)

Khutbah Idul Fitri 1437 H: Agar Kemesraan Tak Segera Berlalu