Home / Berita / Nasional / Pengamat: Ide Pesawat Drone Jokowi Titipan Tim Suksesnya

Pengamat: Ide Pesawat Drone Jokowi Titipan Tim Suksesnya

Capres Joko Widodo (republika.co.id)
Capres Joko Widodo (republika.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Malang, Anang Sukojo, meragukan pandangan Joko Widodo (Jokowi) soal pesawat drone dalam debat calon presiden (capres), sebagaimana diberitakan Republika (25/6/2014).

Anang menengarai ide pembelian drone yang disampaikan Jokowi adalah ide titipan. “Saya tak percaya drone itu murni idenya,” kata Anang dihubungi wartawan, Rabu (25/6).

Anang menilai Jokowi sebenarnya tidak menguasai sistem operasional kerja drone. Ini menurutnya terlihat dari sikap Jokowi yang tidak menjawab pertanyaan moderator soal modernisasi alusista. “Dia tidak menjawab pertanyaan moderator soal modernisasi alat sistem utama persenjataan (alutsista),” ujar Anang.

Dia melihat Jokowi hanya bertindak sebagai juru bicara dari tim sukses. Jokowi tidak memperlihatkan pemahaman yang mumpuni terhadap strategi pertahanan secara makro.

“Jokowi seperti juru bicara timsesnya. Tanpa paham strategi makro dan konsekuensinya,” kata Anang. (republika/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 8,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.
  • Ibnu Kencana

    sebentar lagi ramadhan.
    prabowo harus berani unjuk gigi jadi imam shalat tarawih.

    kita lihat, kita nilai: kualitas islamnya seperti apa?

    jangan-jangan pake kopiah kemana-mana tapi di rumah makan babi…

    • Usman Alfarisi

      waduh, koiahnya putih, jenggotnya lebat, tapi gampang banget bilang : Jangan-jangan pake kopiah kemana-mana TAPI DI RUMAH MAKAN BABI.

      Hebat!

      • Ibnu Kencana

        keluarganya kristen, dianya dulu juga kristen.
        Pernah liat prabowo jadi imam sholat magrib, yg bacaannya wajib dikeraskan? pernah liat dia ngaji?

        Dia islam KTP, tapi buru2 mendekati umat kalau ada maunya.
        Nilai sendiri saja, sebelum pemilu prabowo ngapain.

        Jokowi dari lahir sudah diazanin, Prabowo dibaptis!

        • Dedy

          Kalau Prabowo mualaf dan dia benar-benar islam bgmn….apa bpk tidak memfitnah namanya…apakah seorang yg menjadi iman sdh pasti hebat…bapak sendiri dengan penampilan seorang ustad masih melakukan fitnah…akan kelihatan lebih bijaksana pabila bapak diam dan tetap dengan kopiah putih dan tidak memfitnah….kalo prabowo betul hanya setingan,itu urusan dia dg Allah..kita tak usah memfitnah dg kekejian seperti itu…Apakah nabi Ibrahim ibu dan bapaknya seorang muslim….?

          • Ibnu Kencana

            Kalian diam saja Indonesia mau dipimpin orang yg gak hapal bacaan shalat? gak bisa jadi Imam? Gak bisa baca Quran? yg SELURUH keluarganya non muslim?

            Katamu “Itu urusan dia dgn Allah?”
            Bagaimana kalo saya bilang “itu juga urusan JIL dgn Allah, Itu urusan syiah dgn Allah? Dsb?? Jadi jangan ikut campur.

            Munafik!

            Menghina2 JIL tapi kalian sendiri melacur jadi LIBERAL demi mensukseskan Prabowo!

          • Ibnu Kencana

            pandanganmu sangat LIBERAL.
            gak papa, teruskan.

            Toh kamu gak nyapres.

        • Dedy

          Pak apakah nabi Nuh yang sudah jelas kenabiannya memiliki anak yang taat kepada ajaran ALLah….? makanya jangan berprasangka….saya tidak apriori dh Jokowi…klo dia mencalonkan diri 5 tahun kedepan saya yakin dia tak perlu berkampanye dan ikut PDIP dia udah pasti dipilih rakyat,termasuk saya akan mendukungnya.akan tetapi Janjinya dg sumpah atas nama Allah telah di ingkarinya…apakah itu yang akan menjadi imam bapak utk negara ini. ini lebih kejam dari pada makan babi pak…klo prabowo makan babi itu utk dirinya sendiri..akan tetapi klo sumpah nama Allah telah dilanggar auzubillah himinzaliq…..Allah aja dilawan….paham pak….

          • Ibnu Kencana

            Tidak menyelesaikan masa jabatan kok ITU SAJA yg Anda ributin?

            Yg mengkhianati SUMPAH prajurit bagaimana? Kok gak diributin.
            Yg menculik dan membunuh aktifis 98 (sebagian besar umat islam juga), bagaimana? kok gak diributin.
            “MEMBUNUH SATU ORANG TAK BERDOSA SAMA SEPERTI MEMBUNUH SELURUH UMAT MANUSIA”

        • Dedy

          Apakah utk menjadi imam harus seorang yang menjadi Capres….bapak aja klo ilmu Tazwidnya kurang baik dan ada anak santri yang baru berumur 17 tahun membacanya lebih baik,maka bapak wajib diimami oleh anak tersebut itu namnya legowo…tidak melakukan Ria’ utk memperlihatkan keislamannya…padahal kita beramal hanya utk Allah…..apakah bapak berpuasa juga memberitahukan orang lain bahwa bapak berpuasa hari ini…..apakah sholat bapak harus didepan khalayak ramai bapak baru sholat….?

          • Ibnu Kencana

            Saya biasa jadi imam sholat magrib yg bacaannya harus dikeraskan sampai terdengar makmum paling belakang. bukan untuk pamer, tapi kalo ada yg fitnah saya gak beriman, terpaksa saya tunjukkan. Itu sikap jokowi, jadi bukan pamer.

            prabowo bisa? iftitah, al fatihah aja gak hapal?
            trus pro islam apanya?

          • Ibnu Kencana

            Baca lagi yg benar. saya tidak mengkritik ilmu tajwid prabowo.
            tapi ada indikasi kuat kalau dia tidak bisa shalat.

            Diminta jadi imam malah menyuruh Yenni Wahid, dgn alasan “Kan Yenni anak Kiyai”..

            HE HE KISAH NYATA!!

          • Ann Lawrance

            Prabowo pernah berkunjung ke salah satu pesantren, Beliau ikut salat berjamaah, ketika salat dimulai tangan prabowo menyikut salah satu kader terdekatnya menanyakan berapa rakaat salat yang akan dilaksanakan. Kalau beliau biasa melaksanakan salat pasti tau, Ini berarti beliau tidak salat. Dan yang lebih heran lagi Beliau tertangkap basah sedang makan siang di bulan ramadan ini, Beliau bilang puasanya setengah hari. Kita bisa menyimpulkan sendiri faktanya seperti itu,

        • Adi Jun

          Dari kata2nya aja sudah kelihatan, profil cuma sekedar pencitraan, sama seperti yang dipilihnya. Bisa jadi kondisi keimanan Bapak bisa lebih buruk dari orang yang Bapak fitnah. Atau siapa yang bisa jamin Bapak seorang Muslim. Gambar Profil Bapak itu mempermalukan Bapak sendiri dengan akhlak Bapak..

          • Ibnu Kencana

            Kalian diam saja Indonesia mau dipimpin orang yg gak hapal bacaan shalat? gak bisa jadi Imam? Gak bisa baca Quran? yg SELURUH keluarganya non muslim?

            Munafik!!
            Menghina2 JIL tapi kalian sendiri melacur jadi LIBERAL demi prabowo!

          • Randi Yanto

            Ibnu Kencana, mari bersumpah atas nama Allah bahwa foto yg anda tampilkan adalah benar foto anda..?..kok ya Gw kaga yakin itu foto anda.., berjanggut dan berkofiyah haji….krn wajah anda mirip dengan ustad. M.Amin Djamaludin -LPPI. Dan pastinya beliau kkaga akan pilih Capres yg didukung kalangan JIL-Syiah-Homo. Jadi kl anda memajang foto beliau TOLONG ganti baground foto anda dengan wajah orang2 JIL saja ya. tanks

          • Ibnu Kencana

            Kalo masalah pendukung, Jokowi juga banyak didukung kiai.
            Cuma gak pernah diberitakan di TV One…he he )

            JK sendiri pengurus dewan mesjid, dan keluarganya banyak membangun mesjid dan panti asuhan di makassar.

            Keluarga anda sudah bikin mesjid berapa?

            kok berani menilai keimanan Jokowi/JK ?

            Jangan menilai orang hanya dari pendukungnya.

            – Prabowo didukung PKS, partai khianat koruptor SAPI, berarti prabowo = Koruptor?

            – suryadharma Ali dukung PRabowo, berarti Prabowo=koruptor dana haji??

            – Nah Prabowo didukung oleh Ratna Sarumpaet, berarti Prabowo=JIL?

            – Prabowo didukung PKS, partai khianat koruptor SAPI, berarti prabowo = Koruptor?

            – suryadharma Ali dukung PRabowo, berarti Prabowo=koruptor dana haji??

            – Nah Prabowo didukung oleh Ratna Sarumpaet, berarti Prabowo=JIL?

        • Syafei

          jokowi lahir diazani, tetapi dikelilingi oleh orang orang dibaptis, prabowo dilahirkan dari klrg dibabtis, tapi dikelilingi oleh orang orang diazani, pilih mana murtad dari pada muaalaf???

          • Ibnu Kencana

            kalo yg mualaf benar islamnya tidak masalah. kalo cuma KTP mau dibela juga? Pilih yg jelas keislamannya, mampu jadi imam sholat, yg keluarganya muslim sejak lahir.

        • Ibnu Kencana

          sekali lagi, jangan percaya saya. saya bukan siapa2. tapi saya menantang:

          – cari foto/video prabowo jadi imam sholat
          – cari foto/video prabowo lagi ngaji.

          kalo jokowi, gampang bro. silakan google “jokowi imam sholat”, ada 859.000 hasil !!Video dan gambarnya ribuan.

          katanya pro syariah, calon pemimpin itu harus diuji keislamannya. Di aceh, mau jadi caleg harus dites ngaji. Mau jadi presiden, gak perlu?

          Apa gara-gara prabowo semua ganti haluan jadi LIBERAL?

      • Bayu Khairul

        komen gak jelas kayak gitu gak usah ditanggepin pak, jasmev itu

    • Syafei

      yang pakai kopiah ente, berarti ente makan babi juga dong??? buka aib sendiri

      • Ibnu Kencana

        boleh coba, saya siap jadi imam dan dites ngaji kapan saja.
        beda dgn prabowo.

    • dwei

      wadooh pa ustad,belum tentu diri kita baik juga dimata allah,hanya allah yang tahu

      • Ibnu Kencana

        pandanganmu sangat LIBERAL.
        gak apa apa, teruskan.

        Toh kamu gak nyapres.

    • Fulan

      Ow jadi ente liat jokowi krn pernah jd imam ya? pasti dari youtube. Trus klo dah bisa jadi imam sholat bisa jadi RI 1 ya? Ente mang tau klo jokowi pernah disumpah atas nama Allah utk memimpin DKI tapi dilanggar. Mudah skali melanggar sumpah atas nama Allah. Syiah & JIL merapat ke jokowi bukan ke prabowo, pertanyaannya KENAPA…??? Klo ane terus terang anti syiah ma JIL klo ente gimna..??

      • Ibnu Kencana

        Tidak menyelesaikan masa jabatan kok ITU SAJA yg Anda ributin?

        Yg mengkhianati SUMPAH prajurit bagaimana? Kok gak diributin.
        Yg menculik dan membunuh aktifis 98 (sebagian besar umat islam juga), bagaimana? kok gak diributin.
        “MEMBUNUH SATU ORANG TAK BERDOSA SAMA SEPERTI MEMBUNUH SELURUH UMAT MANUSIA”

Lihat Juga

Pilot Project Kawasan Bebas TB di RW 07 Kampung Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur. - (fer/eko/pkpu)

Dicari, Ide Wujudkan Kawasan Bebas TB

Organization