Home / Berita / Internasional / Asia / Masjidil Haram Siapkan Al-Quran Terjemahan dalam 72 Bahasa

Masjidil Haram Siapkan Al-Quran Terjemahan dalam 72 Bahasa

Membaca Al Quran melalui perangkat Smartphone (ilustrasi).  (riauaktual.com)
Membaca Al Quran melalui perangkat Smartphone (ilustrasi). (riauaktual.com)

dakwatuna.com – Makkah. Arab Saudi sempurnakan teknologi Al-quran reader dalam perangkat komputer di Masjidil Haram, Rabu (25/06). Kini, Al-quran dapat diakses ke dalam 72 bahasa asing.

Piranti lunak ini, katanya, dapat diunduh menggunakan bahasa-bahasa yang paling banyak digunakan, termasuk bahasa Sinhala, Telugu, Somalia, dan Cina.

“Kami mengembangkan sistem teknologi untuk para pengguna smartphone dengan aplikasi barcode reader, yang dapat digunakan untuk men-download software Al-quran di dalam Masjidil Haram dengan bahasa pilihan,” tutur Ali Hamid Al-Nafji, pejabat senior di Masjidil Haram, seperti dilansir dalam arabnews.com.

Selain itu, pihak Masjidil Haram pun menambahkan lebih banyak ruang untuk menyimpan kitab-kitab berharga. Rak-rak buku ditambah menjadi 4.000 rak yang dapat menampung 950.000 Al-quran dari berbagai bahasa. Hal ini ditujukan kepada jamaah luar Arab yang hendak membaca kitab di sana.

Menjelang Ramadhan ini, Masjidil Haram telah menyiapkan imam tarawih dan pemimpin doa fajar, diantaranya Abdulrahman Al-Sudais, Saud Al-Shuraim, Abdullah Al-Johani, Maher Al-Muaiqly, Khaled Al-Ghamdi, dan Bandar Baleelah. Selain pengamanan untuk mengatasi peziarah yang masuk, pihak Masjidil Haram pun sudah memasang 2.000 kamera pengintai yang dipasang di wilayah strategis.

Kepala Polisi Daerah Mekah, Mayjen Abdulaziz Al-Asoli menyatakan pihaknya akan memberikan perhatian khusus pada penanganan kerumunan orang dalam masjid. Sebagai tambahan, kendaraan akan dilarang selama Ramadhan untuk mempermudah gerak pejalan kaki. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ada Apa dengan Surat Al-Maidah?