Home / Berita / Daerah / Jambore PKK XI Dan Jambore PNPM Mpd Tahun 2014

Jambore PKK XI Dan Jambore PNPM Mpd Tahun 2014

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Membuka Jambore PKK XI dan Jambore PNPM Mandiri Perdesaan VI Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014, (23/6) di Jorong Padang Tujuh, Pasaman Barat.  (erwinFS)
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Membuka Jambore PKK XI dan Jambore PNPM Mandiri Perdesaan VI Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014, (23/6) di Jorong Padang Tujuh, Pasaman Barat. (erwinFS)

dakwatuna.com – Pasaman Barat.  Permasalahan krusial yang sangat dominan dihadapi pemerintah mulai dari pusat sampai daerah adalah kemiskinan dan pengangguran. Pemerintah telah banyak mengambil langkah dalam mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya melalui kebijakan dan strategi pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd).

Untuk Sumbar sejak tahun 2007 sampai sekarang mendapat perhatian khusus dan tersendiri dari pemerintah pusat. Ini dibuktikan pada tahun 2014 Sumbar telah dialokasikan dana bantuan langsung masyarakat untuk tiga kegiatan yakni kegiatan PNPM-MPd reguler sebesar Rp. 268 M, dan PNPM-MPd Integrasi Rp. 24 M serta PNPM MP3KI sebesar Rp. 8.849 M.

Memberdayakan masyarakat memerlukan waktu yang tidak singkat, perlu proses pengulangan dan pengulangan serta harus senantiasa diperbarui terhadap makna, kepentingan dan manfaat luas, baik melalui sosialisasi informasi secara langsung atau tidak langsung kepada masyarakat, seperti event ini yang dilaksanakan setiap tahun nya.

“Kita patut berbangga dan berterima kasih kepada PNPM Mpd karena dengan kehadirannya telah membantu masyarakat dalam berbagai sektor, pembangunan sarana dan prasarana seperti Pusat Kesehatan Nagari (Puskeri), Jembatan untuk memudahkan akses, Irigasi untuk peningkatan produk pertanian, pembangunan Taman Kanak-Kanak/PAUD, simpan pinjam khusus kelompok perempuan dan lain sebagainya” ungkap Gubernur Irwan Prayitno pada Pembukaan Jambore PKK XI dan Jambore PNPM Mandiri Perdesaan VI Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014, (23/6) di Jorong Padang Tujuh, Pasaman Barat.

Selain itu prestasi yang diukir oleh PNPM sendiri tidak usah diragukan lagi, tercatat Provinsi Sumatera Barat sudah meraih SIKOMPAK AWARD (penghargaan tertinggi PNPM-MPd) selama tiga tahun berturut-turut dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, sedangkan SIKOMPAK AWARD tingkat Kabupaten diraih oleh Kabupaten Sijunjung yang diserahkan langsung oleh Mendagri.

” Namun yang penting kita yakini adalah hakikat pembangunan bukanlah semata memaksimumkan pertumbuhan pendapatan, tetapi memaksimumkan kemampuan produktif sumberdaya manusia” pangkas Gubernur.

Pada kesempatan ini juga hadir Ibu Nevi Irwan Prayitno, Bupati Pasbar beserta Istri, Wakil Bupati Pasbar beserta Istri serta Forkopimda Provinsi dan Muspida Kabupaten Pasbar. Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sumatera Barat, dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada masyarakat berupa uang, paket, serta bibit tanaman dan ikan. (erwin/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Etnik Kurdi Benteng Khilafah Utsmaniyah, Kenapa Memberontak Turki Sekarang? (Bagian 5)