Home / Berita / Agenda Umat / Jadwal Pelita Ramadhan Kampus (PERAK) 1435 H UI

Jadwal Pelita Ramadhan Kampus (PERAK) 1435 H UI

agenda-umat-jadwal-perak-salam-ui

dakwatuna.com Pelita Ramadhan Kampus (PERAK) adalah  sebuah kegiatan dari kerohanian Islam Mahasiswa Universitas Indonesia yaitu SALAM UI dalam rangka memberikan makna cinta kepada Allah, Rasulullah dan Islam serta menumbuhkan ukhuwah sesama muslim dengan mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat sehingga menjadikan Ramadhan sebagai suatu momen perbaikan diri yang nilai-nilainya akan terus melekat dan terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.  PERAK tahun ini bertemakan “BERSAMA, TEBAR CINTA RAJUT PERSAUDARAAN”. Selama Ramadhan, PERAK terdiri dari enam acara utama yaitu Talkshow, Ta’jil on the Road, Buka Bersama Anak Yatim, Cek Kesehatan dan Penggalangan Dana, Greatest Night dan Seminar.

Talk show akan dilakukan sebanyak tiga kali dalam tiga minggu bulan Ramdhan. Talk show ini memiliki tema besar “Wujud Cinta Islam pada Sesama yang Melahirkan Ukhuwah” yang akan dibagi menjadi tiga periode talk show berkesinambungan di setiap minggunya. Pembicara yang dihadirkan adalah pembicara yang berkompeten di bidangnya untuk disampaikan kepada peserta talk show.

Ta’jil on the Road bertujuan untuk berbagi dengan sesama muslim sekitar kampus Universitas Indonesia untuk membangun ukhuwah antara panitia dan masyarakat. Ta’jil akan dibagikan di lingkungan sekitar UI seperti Stasiun Universitas Indonesia, Stasiun Pondok Cina, dan Jalan Juanda, Depok.

Buka puasa bersama anak yatim piatu di panti asuhan akan disertai dengan memberikan bantuan sembako dan pembagian Al- Quran gratis untuk panti asuhan.

Cek kesehatan gratis ini akan dilaksanakan di Masjid Al-Hikam dengan tujuan agar masyarakat sekitar kampus Universitas Indonesia mengetahui kesehatan tubuhnya. Penggalangan dana untuk Palestina akan dilaksanakan beriringan dengan cek kesehatan gratis yang juga diadakan di Masjid Al-Hikam. Penggalangan dana ini bukan hanya bertujuan material namun juga untuk menumbuhkan cinta sesama muslim.

Rangkaian acara selanjutnya dan sebagai acara puncaknya adalah Greatest Night yang akan diaksanakan di Masjid Ukhuwah Islamiyah dengan tujuan secara sempurna melakukan amalan-amalan Ramadhan. Di malam ini panitia juga secara langsung akan membangun ukhuwah bersama dengan para peserta acara.Konsep dari Greatest Night adalah “Ramadhan Village” dimana terdapat satu malam yang akan dipenuhi dengan rangkaian kegiatan bernuansa islami, seperti:

  1. Taujih sebelum berbuka puasa bersama ustadz
  2. Iftor Jama’i
  3. Tarawih bersama Syeikh yang berasal dari luar negeri
  4. Muhasabah akbar dengan menghadirkan seorang trainer
  5. Iktikaf Jama’i
  6. Bazaar yang bekerja sama dengan pihak lain

Seminar dilakukan sekali yaitu saat rangkaian acara terakhir PERAK saat Ramadhan. Tema dari seminar ini masih berkesninambungan dengan tema talk show yang diadakan sebelumnya, yaitu “Interpret Your Love in Allah’s Way”.

Kontak Kami

Email : [email protected]

Website : perak.salam-ui.org

Twitter : @salamui

Narahubung

Media Partner : Adi Nurcahyo (089696187614)

Relasi : Achmad Fauzi (081808797527)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Ilustrasi. (fanpop.com)

Renungan di Akhir Ramadhan