Topic
Home / Berita / Nasional / BPK: Laporan Keuangan Jakarta 2013 Lebih Buruk dari Tahun Sebelumnya

BPK: Laporan Keuangan Jakarta 2013 Lebih Buruk dari Tahun Sebelumnya

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (okezone.com)
Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta (okezone.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Agenda Sidang Paripurna DPRD DKI Jakarta diisi dengan sesi mendengarkan hasil audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang laporan keuangan Provinsi DKI Jakarta TA 2013. Berbeda dari laporan dua tahun sebelumnya, BPK memberi opini yang lebih negatif di tahun tersebut.

Sebagaimana diberitakan Okezone, anggota V BPK RI, Agung Firman Sampurna, menyampaikan bahwa BPK memberi penilaian Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2013. Sedangkan dua tahun sebelumnya, opini BPK terhadap LHP terhadap laporan keuangan DKI Jakarta adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Alasannya, pertama karena realisasi belanja melalui mekanisme uang persediaan melewati batas waktu,” ucapnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (20/6/2014).

Batas waktu yang disebutkan itu adalah 15 Desember 2013 dengan entry jurnal realisasi belanja bukan berdasarkan bukti pertanggungjawaban yang telah diverifikasi melainkan rekapitulasi uang muka yang disampaikan bendahara kepada pelaksana kegiatan.

BPK juga menemukan, realisasi belanja tidak didukung dengan bukti pertanggungjawaban yang lengkap yang berindikasi kerugian senilai Rp59,23 miliar dalam Belanja Operasional Pendidikan (BOP), Kegiatan Penataan Jalan Kampung dan Biaya Pengendalian Teknis Kegiatan.

“Kedua, pelaksanaan sensus atas aset tetap dan aset lainnya belum memadai yaitu tidak dilakukan inventarisasi atas seluruh aset, kertas kerja koreksi sensus tidak memadai, serta aset belum selesai disensus tidak didukung rincian,” tukasnya.

Tidak adanya rincian itulah yang menurut BPK, membuat nilai aset tetap dan aset lain dari sensus tidak dapat diyakini kewajarannya. (okezone/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Operasi Tangkap Tangan BPK dan Kemendes Terkait Status WTP

Figure
Organization