Home / Narasi Islam / Ekonomi / Modal Ventura, Memudahkan Pebisnis Pemula

Modal Ventura, Memudahkan Pebisnis Pemula

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Bisnis Online (inet)
Bisnis Online (inet)

dakwatuna.com – Mungkin masih banyak orang di Indonesia yang tidak tahu tentang modal ventura. Dalam melakukan suatu kegiatan investasi, tidak semua investasi dapat dilakukan dengan mudah. Karena hampir semua investasi mengandung risiko kerugian. Bagi investasi yang mempunyai risiko rendah, hampir semua investor ingin melakukannya. Akan tetapi, jika investasi tersebut memiliki risiko tinggi, maka tidak mudah untuk mencari investor yang mau melakukannya. Adalah perusahaan modal ventura yang berani melakukan investasi di mana investasi tersebut mengandung suatu risiko tinggi.

Modal ventura dalam perbisnisan merupakan lembaga atau badan usaha yang melakukan suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. Sama halnya dengan lembaga lain seperti Bank, modal ventura ada yang konvensional dan ada juga modal ventura syariah.

Modal ventura syariah adalah penanaman modal yang dilakukan lembaga keuangan syariah untuk jangka waktu tertentu, dan setelah itu lembaga keuangan tersebut melakukan divestasi atau menjual bagian sahamnya kepada pemegang saham perusahaan. Modal ventura bertujuan untuk memberikan penambahan nilai (adding value) sehingga venture capitalist dapat menjual partisipasinya dengan return positif.

Ada beberapa konsep dalam perusahaan modal ventura syariah, yaitu mekanisme pembiayaan dalam modal ventura dilakukan dalam bentuk penyertaan modal, metode pengambilan keuntungan didapat melalui bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh kegiatan usaha, produk pembiayaan dikeluarkan oleh lembaga keuangan bukan bank, tidak diperlukan jaminan karena sifat pembiayaannya lebih condong ke sebuah bentuk investasi, dan sumber dananya berasal dari perusahaan modal ventura sendiri dan juga berasal dari pihak lain.

Dalam pendirian modal ventura terdapat dua aspek penting dari maksud dan tujuannya.

Pertama, modal ventura adalah modal yang disediakan sebagai risiko yang mempunyai gagasan tanpa jaminan pengembalian modal atau keberhasilan pada masa mendatang. Yang ada hanya sistem bagi hasil berupa dividen. Sehingga aspek keberanian pemilik modal menjadi hal penting dalam pengadaan keputusan. Itu sebabnya, dasar utama semangat modal ventura terletak pada keyakinan terhadap pasangan usahanya.

Kedua, sesuai dengan prinsip dasar yang terkandung dalam jiwa modal ventura, di seluruh dunia dibuat semacam kesepakatan bahwa penyertaan modal harus bersifat sementara. Jangka waktunya antara 5–10 Tahun, sampai mitra usahanya mampu berdiri sendiri, barulah sahamnya dijual kembali.

Adapun langkah-langkah dalam investasi modal ventura antar lain adalah penilaian pendahuluan, konfirmasi pihak luar, negosiasi dan penawaran, dokumentasi hukum, monitor investasi, serta divestasi.

Namun, ada yang beranggapan mengapa tidak memulai usaha dengan meminjam uang di bank? Kredit dengan bank biasanya mempunyai syarat yang tidak mungkin dimiliki oleh sebuah usaha atau perusahaan yang belum berdiri. Saat itulah dibutuhkannya modal ventura. Pembiayaan dari perusahaan modal ventura akan menjadi sumber dana bagi perusahaan baru yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan dana dari bank.

Secara teoritis, modal ventura mempunyai potensi yang besar untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan bisnis. Perusahaan kecil yang mempunyai prospek bagus tetapi tidak mempunyai cukup modal dan tidak memiliki akses ke perbankan dapat berkembang dengan memperoleh dukungan modal dari modal ventura. Dengan modal ventura, perusahaan yang baru ingin memulai kegiatan bisnis pun dapat dengan mudah menjalankan bisnis awalnya.

Perusahaan yang sedang mengalami masa transisi bahkan mendekati tahap decline juga bisa terbantu oleh modal ventura dalam pengembangan dana dan usaha. Investasi-investasi yang dimiliki oleh pengusaha atau perusahaan juga akan terbantu dalam segi mekanisme di dalam atau luar negeri. Dengan demikian, kegiatan usaha di dalam perusahaan tersebut pun berjalan baik sesuai dengan tujuan awal perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, apakah masih ragu dengan modal ventura sebagai penunjang keberhasilan perusahaan?

About these ads

Redaktur: Pirman

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Theo Mubarok
Mahasiswa Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lihat Juga

Tugas dan Peran Auditor Di Lembaga Keuangan Syariah