Home / Berita / Nasional / Kapal Jelajah: Palka Dan Tangki Solar Rampung

Kapal Jelajah: Palka Dan Tangki Solar Rampung

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Para pekerja Sedang mengerjakan Palka di PT.Carita Boat Indonesia Tanjung Burung, Tangerang, Banten. (BWA)
Para pekerja Sedang mengerjakan Palka di PT.Carita Boat Indonesia Tanjung Burung, Tangerang, Banten. (BWA)

dakwatuna.com – Banten.  Pengerjaan palka Kapal Jelajah Pulau Terpencil Nusantara telah rampung, Senin (9/6) di Galangan Kapal PT Carita Boat Indonesia (CBI), Tanjung Burung, Tangerang, Banten. Dalam waktu yang bersamaan, pengerjaan tangki bahan bakar pun sudah selesai.  Dengan demikian proses pengerjaan kapal sudah mencapai 30 persen

Kapal ini memiliki 3 palka utama yang ada di depan kapal serta 2 palka kecil di samping kanan kiri di belakang kapal semuanya berbahan foam kedap udara. Kapasitas palka sekitar 15 ton. Cukup memuat ribuan Al-Qur’an, sajadah, dan bahan-bahan lain yang akan didistribusikan ke berbagai pulau terpencil di seluruh Nusantara.

Sedangkan tangki bahan bakar berada di samping kanan dan kiri kapal dengan kapasitas masing-masing 1800 liter solar. “Dengan kapasitas ini insyaAllah cukup untuk melakukan perjalanan selama tujuh hari non stop atau bisa berlayar sampai jarak tempuh minimal sekitar 1000 mil (1600 KM) dengan kecepatan mesin 8 knot,” ungkap Kepala Teknisi  CBI Mardani

Para pekerja sedang mengerjakan dek kapal di PT.Carita Boat Indonesia.  (BWA)
Para pekerja sedang mengerjakan dek kapal di PT.Carita Boat Indonesia. (BWA)

Sambil proses pengerjaan deck kapal, saat ini juga sedang dipesan mesin utama kapal merk Deutz Marine type TBD226B-6C4 dan juga genset kapal kapasitas 30 KVA. Mesin ini dipilih karena kehandalannya dan suara yang tidak berisik serta konsumsi BBM yang relatif lebih irit bila dibanding dengan mesin yang sejenis.

Pengadaan mesin utama dan genset ini membutuhkan waktu  sebulan. Sambil menunggu pengadaan mesin, melalui program Wakaf Khusus, Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) mengajak kaum Muslimin mewakafkan hartanya untuk menyukseskan project wakaf  Kapal Jelajah Pulau Terpencil Nusantara ini.  (BWA/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Badan Wakaf Al-Quran
Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat.

Lihat Juga

Saat Ust.Hari Moekti memberikan tausiyah kepada para Jamaah Masjid Jami Aliyah.  (bwa)

Suasana Ramadhan sudah Terasa di Masjid Jami Aliyah

Organization