Home / Berita / Internasional / Asia / Wakil Presiden Irak: Yang Terjadi di Irak Adalah Perlawanan Arab Sunni

Wakil Presiden Irak: Yang Terjadi di Irak Adalah Perlawanan Arab Sunni

Thariq Al-Hasyimi (CNN)
Thariq Al-Hasyimi (CNN)

dakwatuna.com – Istambul. Wakil presiden Irak yang kini berada di pengasingan, Thariq Al-Hasyimi, Senin (16/6/2014) kemarin, mengatakan bahwa perang yang saat ini terjadi di Irak adalah bagian tak terpisahkan dari perlawanan Arab Sunni. Bukan sekadar perlawanan beberapa kelompok garis keras yang berasal dari Al-Qaidah.

Pekan lalu, Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) berhasil mengalahkan militer pemerintah Nuri Al-Maliki di banyak wilayah di utara Irak. Hal ini mengancam kesatuan Irak, dan terjadinya perang kelompok.

“Yang terjadi di Irak adalah perlawanan orang-orang yang terzhalimi. Selama 11 tahun ini kelompok Sunni di berbagai negara Arab telah mengalami diskriminasi dan kezhaliman. Tidak benar anggapan bahwa yang melakukan perlawanan hanyalah ISIS saja.”

Menurut Al-Hasyimi, pihaknya memiliki 12 organisasi bersenjata. Semua organisasi ini sudah kembali aktif. Selain itu, yang terlibat dalam perlawanan ini adalah partai-partai politik, elit militer yang keluar dari dinas, suku-suku Arab, dan sebagainya.

Sejak awal, menurut presiden yang dijatuhi hukuman mati dan kini berada di Turki ini, perdana menteri Nuri Al-Maliki melakukan perang terhadap kelompok Sunni yang menjadi oposisinya. Dirinya sendiri adalah seorang Sunni, pada tahun 2012 lalu dijatuhi hukuman mati karena tuduhan-tuduhan yang menurutnya mengada-ada. (msa/dakwatuna/al-quds)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Mengapa Syiah Gembira Dengan Kemenangan Trump