Home / Berita / Daerah / Survei Sumber Mata Air Doro Oromboha NTB

Survei Sumber Mata Air Doro Oromboha NTB

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Bersama Perangkat Desa dari 5 Desa setelah melakukan survey. (media.BWA)
Bersama Perangkat Desa dari 5 Desa setelah melakukan survey. (media.BWA)

dakwatuna.com _ Tim survei Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) melaksanakan survei mata air untuk dialirkan ke empat desa dan satu dusun di Kabupaten Bima dan Dompu, Selasa (25/3). Empat desa yang dimaksud adalah Desa Bumi Pajo (489 KK), Desa Ndano ‘Nae (300 KK), Desa Rora (540 KK), dan Desa Madawau (298 KK) serta Dusun Karaku (98 KK).

Berdasarkan survei BWA, terdapat sumber mata air yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan 1725 KK di daerah perbukitan yang berbatu dan kering  tersebut. Namun, karena terkendala jarak dan sarana warga tidak dapat mengaksesnya dengan mudah.

Pasalnya, sumber mata air itu berada sekitar 3,5 kilometer menembus hutan dengan berjalan kaki dari Desa Bumi Pajo —desa yang berlokasi paling tinggi di Pegunungan Doro Oromboha. Di sana ada beberapa titik mata air sehingga berbentuk sungai dengan debit sekitar 110 liter per detik. Saat ini, baru 40 warga Bumi Pajo yang dapat mengakses air bersih tersebut melalui pipanisasi dari Unicef pada 2011 yang menggunakan pipa besi berdiameter 3 inchi dan 2 inchi.

Berdasarkan perhitungan debit air, bila dilakukan pipanisasi dengan diameter 4 inchi, air yang ada bukan hanya cukup untuk warga Bumi Pajo tetapi dapat pula memenuhi kebutuhan warga tiga desa dan satu dusun lainnya.

Rencana umum yang dibuat oleh tim BWA untuk mengalirkan air di desa ini adalah menggunakan gaya gravitasi dari mata air yang dialirkan ke Bumi Pajo, selanjutnya ke Ndano ‘Nae, Rora, Karaku lalu ke Madawau.

Pipanisasi diagendakan dapat dilaksanakan pada November 2014. Melalui program Water Action for People, BWA mengajak kepada kaum Muslimin untuk berpartisipasi dalam mewujudkan wakaf sarana air bersih tersebut.  (bwa/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Badan Wakaf Al-Quran
Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) adalah organisasi nirlaba (non-profit organization), berbentuk Lembaga Swadaya Masyarakat.

Lihat Juga

Berdasarkan Survei, Publik Lebih Percaya KPK Ketimbang DPR