Home / Konsultasi / Konsultasi Kesehatan / Apakah yang Menjadi Penyebab Gigi Renggang?

Apakah yang Menjadi Penyebab Gigi Renggang?

Gigi Renggang (ilustrasi).  (vitonica.com)
Gigi Renggang (ilustrasi). (vitonica.com)

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Asalmualaikum Wr.Wb.

Pak Dokter Ibnu , mau tanya nih dok, gigi saya kan posisinya jarang – jarang semua alias tidak rata. Apakah hal ini berhubungan dengan kesehatan gigi ? Lalu penyebabnya apa ? Terima kasih atas tanggapannya.

Sri – Makassar

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Ibu Sri di Makassar, terima kasih atas akses nya ke dakawatuna.com, mohon doa agar kami dapat istiqamah memberikan informasi yang baik bagi umat Islam.

 

Ibu Sri, gigi renggang bisa mengakibatkan makanan mudah menempel. Untuk itu di anjurkan agar sikat gigi lebih ekstra lagi. Sebaiknya menggunakan sikat gigi interdental ( sikat gigi yang biasa digunakan oleh orang yang menggunakan kawat gigi )

 

Gigi renggang bisa terjadi karena ada gigi yang patah, hingga gigi lain bergeser. Namun bisa juga terjadi karena gigi ada yang tidak tumbuh. Total gigi manusia ada 32, namun karena satu dan lain hal maka jumlah nya tidak 32

 

Yang terakhir karena faktor herediter ( keturunan ), misal : Ayah kandung memiliki rahang mulut yang besar, lalu ibu kandung memiliki bentuk gigi nya kecil. Kemudian hal ini menurun ke si anak. Kondisi rahang besar ikut ayahnya , lalu gigi kecil ikut ke ibu nya. Maka hal ini menyebabkan ketidakseimbangan antara ukuran rahang dan gigi, hingga menyebabkan gigi renggang.

 

Demikian penjelasan singkat saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

drg. Ibnu Adrian, MARS.

Kirimkan email pertanyaan ke: [email protected]

(sbb/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
drg. Nuh Ibnu Adrian, MARS
Dokter gigi, lulusan Universitas Trisakti-Jakarta. Membuka Praktek dokter di Jakarta. Klinik drg. Ibnu dan drg. Hanna berada di Jl. Duren Tiga Selatan, no. 8E. Jakarta Selatan. Telp: 021-362 005 99 HP: 0818 0657 3603

Lihat Juga

Sunnah dan Larangan Pada Tubuh Manusia (Bag. Kedelapan)