Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Karena Pro-Israel, Negara-negara Arab Ancam Boikot Produk Pertanian Australia

Karena Pro-Israel, Negara-negara Arab Ancam Boikot Produk Pertanian Australia

Hubungan Australia dengan Israel (ilustrasi). (liberal.org.au)
Hubungan Australia dengan Israel (ilustrasi). (liberal.org.au)

dakwatuna.com – Sydney. Negara-negara Arab mengancam akan menghalangi produk pertanian Australia, sebab mereka percaya pemerintah Australia pro-Israel, demikian laporan media setempat, Jumat (13/6/14).

Jaksa Penuntut Umum Australia, George Brandis, telah menolak menyebut Jerusalem Timur sebagai “wilayah pendudukan” dan itu telah membuat marah 20 duta besar yang mewakili negara Islam.

Negara-negara ini yang menginginkan pertemuan dengan Departemen Urusan Luar Negeri dan Perdagangan Australia, Kamis (12/6).

Beberapa negara Timur Tengah diperkirakan akan menuntut larangan impor daging dan jagung dari Australia ketika Liga Arab bertemu di Kairo, Mesir, bulan ini, demikian laporan West Australian.

Lebih dari 3,5 miliar dolar Australia (3,29 miliar dolar AS) ekspor pertanian Australia dapat terancam.

Pekan lalu, Brandis menolak untuk mengatakan apakah pemerintah mengakui Jerusalem Timur sebagai “wilayah yang diduduki” oleh Israel. Malah, katanya, istilah tersebut “memiliki dampak merendahkan” yang “tidak cocok dan tidak bermanfaat”.

Sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, mengakui Jerusalem Timur sebagai wilayah yang diduduki oleh Israel berdasarkan hukum internasional. Jerusalem Timur jatuh ke dalam kekuasaan Israel setelah Perang 1967.

Negara Islam percaya perubahan dalam bahasa adalah bagian dari perubahan Pemerintah Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, untuk memberi dukungan lebih besar buat Israel.

Ketika ditanya mengapa pemerintah telah mengubah kebijakannya, Abbott berkata, “Kebenarannya ialah itu adalah wilayah sengketa dan marilah kita berusaha memastikan bahwa semua sengketa diselesaikan secara adil buat semua sebisa kita di dunia yang tidak sempurna.” (antara/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization