Home / Berita / Internasional / Asia / Hilangnya MH370 Masih Misteri, Hadiah Rp 59 Miliar Bagi yang Berani Ungkap

Hilangnya MH370 Masih Misteri, Hadiah Rp 59 Miliar Bagi yang Berani Ungkap

Rute Penerbangan Pesawat Malaysia Airlines saat hilang setelah 1 jam lepas landas. (hirpub.hu)
Rute Penerbangan Pesawat Malaysia Airlines saat hilang setelah 1 jam lepas landas. (hirpub.hu)

dakwatuna.com – Perth. Keluarga penumpang Malaysia Airlines MH370 meluncurkan gerakan pengumpulan dana sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 59 miliar untuk orang “dalam” yang berani mengungkapkan misteri pesawat tersebut, yang hilang tiga bulan lalu.

Dalam rilisnya, keluarga korban menyatakan kampanye “Hadiah MH370” diluncurkan bersamaan dengan peluncuran situs penggalangan dana Indiegogo yang menargetkan sumbangan untuk mendorong seorang pengungkap aib membeberkan informasi mengenai apa yang sebenarnya terjadi dengan pesawat MH370.

Pesawat Boeing milik maskapai Malaysia itu hilang kontak pada 8 Maret 2014 lalu dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Pesawat membawa 239 penumpang, yang sepertiganya adalah warga negara China.

Boeing 777 itu kemudian diyakini jatuh di Samudra Hindia Selatan. Namun, pencarian besar-besaran yang melibatkan tim pencari internasional hingga kini belum berhasil menemukan reruntuhan pesawat. Hal ini menyebabkan keluarga penumpang merasa frustrasi. Keluarga korban yang marah kemudian menuding kecelakaan ini memang sengaja ditutup-tutupi.

“Kami yakin, di suatu tempat, ada seseorang yang mengetahui sesuatu terkait apa yang sebenarnya terjadi dengan pesawat ini, dan kami berharap imbalan ini akan mendorongnya untuk muncul dan buka suara,” kata Ethan Hunt, direktur perusahaan teknologi yang memimpin proyek imbalan ini.

Sarah Bajc, pasangan dari penumpang asal Amerika, Philip Wood, mengatakan bahwa sejumlah kecil keluarga korban mendukung proyek ini guna mengungkap misteri kasus penerbangan ini dengan “cara pandang yang baru”.

“Pemerintah dan lembaga terkait lainnya telah melakukan upaya terbaik mereka. Namun, sejauh ini mereka belum berhasil mengungkapkan satu bukti apa pun, mungkin karena pendekatan yang tidak tepat ataupun kesalahan lokasi pencarian yang disengaja oleh seseorang atau lebih dari sejumlah individu,” kata mereka dalam rilis tersebut.

Malaysia dan Australia, yang memimpin pencarian di Samudra Hindia Selatan, berjanji akan terus melanjutkan pencarian pesawat MH370. Pencarian reruntuhan pesawat itu difokuskan pada area lengkung ke-7 di Samudra Hindia.

Biro Keselamatan Transportasi Australia mengatakan, kawasan pesisir di Australia Barat diyakini sebagai lokasi terakhir yang dilintasi pesawat naas itu, sebelum kandas karena kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut.

Lokasi itu juga menjadi area yang tercatat kontak terakhir dengan pesawat MH370 sempat terekam dalam data satelit.

Australia juga merilis permintaan pengadaan tender untuk perusahaan yang akan terlibat sebagai kontraktor utama serta memberikan keahlian, peralatan, dan kapal yang dibutuhkan untuk melaksanakan pencarian di bawah laut pada Agustus mendatang.

Awal bulan ini terungkap bahwa ping akustik yang diduga dari kotak hitam pesawat itu ternyata tidak terkait dengan pesawat. Ping itu mendorong pencarian multinasional yang meliputi kawasan seluas 4.640.000 kilometer persegi, tetapi tidak ada tanda-tanda reruntuhan dari pesawat yang hilang. (liputan6/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Erry Brahmandita

    bagaimana kita bisa mendapatkan nama, alamat no telf/hp yg bisa dihubungi ttg keluarga korban pesawat MH370, mungkin saya bisa bantu dimana keberadaan pesawat beserta semua penumpangnya…kita coba saja dulu…terimakasih

Lihat Juga

Kekuatan Doa, Berangkat Umrah (afiefah)

Kekuatan Doa Memberangkatkan Ibu Yuniar Umrah ke Baitullah