Home / Berita / Internasional / Eropa / Gagahnya Turki Saat Memulai Pembangunan Airport Terbesar di Dunia

Gagahnya Turki Saat Memulai Pembangunan Airport Terbesar di Dunia

Erdogan saat memulai pembangunan airport Istambul III (Anadolu)
Erdogan saat memulai pembangunan airport Istambul III (Anadolu)

dakwatuna.com – Ankara. Saat meletakkan batu pertama pembangunan airport Istambul III, Sabtu (7/6/2014) kemarin, perdana menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan, “Hari ini tidak tidak sedang meletakkan Sabtu pertama airport, tapi kita sedang mulai membangun sebuah monumen kemenangan. Kita ingin mengembalikan lagi kepercayaan rakyat, dan menutup lembaran kegagalan, putus asa, dan keterpurukan.”

Erdogan juga mengatakan, “Pembukaan airport tahap pertama akan dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2017. Diperkirakan airport akan mampu menampung 150 juta orang setiap tahunnya. Oleh karena itu, pembangunan airport ini adalah proyek terbesar di seluruh Turki saat.”

“Turki hari ini bukanlah Turki kemarin. Pihak-pihak yang ingin menghalangi kemajuan Turki, saat ini melihat kita dan merasa kecewa karena mereka gagal melakukannya. Turki bukan lagi negara yang merasa malu dengan sejarahnya, dan hanya melaksanakan agenda yang digariskan asing. Turki berhasil melepaskan diri dari belenggu-belenggu. Sekarang kita mempunyai posisi di kawasan ini dan dunia.”

Pembangunan airport ini direncanakan akan melalui empat tahap. Akan digunakan baja 350 ribu ton, 10 ribu ton aluminium, 415 ribu meter kaca. Anggaran pembangunannya sebesar 247 juta Euro (Rp. 4 Trilyun). Airport ini akan menjadi yang terbesar di dunia dari segi daya tampungnya.

Airport yang direncanakan selesai pembangunannya pada tanggal 29 Oktober 2017 itu akan mempunyai 4 ruang untuk penumpang, yang terhubung dengan 165 jembatan untuk pejalan kaki, 6 landas pacu yang tarpisah dan bisa menerima segala jenis pesawat, lapangan yang menampung 500 pesawat. Airport ini akan menempati lahan seluas 6.5 juta meter. Lahan yang disediakan untuk parkir bisa menampung 70 ribu mobil. (msa/dakwatuna/anadolu)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 9,88 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

4.200 Pengajar Dikerahkan Untuk Mengajar Bahasa Turki Kepada Pengungsi Suriah