Home / Berita / Internasional / Eropa / (Video) Ternyata Laba-Laba ‘Tahu Arti Musik’ Pada Jaring Sarangnya

(Video) Ternyata Laba-Laba ‘Tahu Arti Musik’ Pada Jaring Sarangnya

[youtube Kjh7bQSc8ag 640]

dakwatuna.comLaba-laba sutra mengirim getaran pada area frekuensi tertentu sehingga, ketika dipetik seperti senar gitar, hal tersebut membawa informasi mengenai mangsa, teman, dan bahkan integritas struktur dari jaringnya.

Hal tersebut ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Oxford, Strathclyde, dan Sheffield, yang menembakkan beberapa peluru dan laser ke sutra laba-laba untuk mempelajari bagaimana cara kerja getarannya. Mereka menemukan bahwa, secara unik, ketika dibandingkan dengan bahan lain, sutra laba-laba dapat disetel untuk berbagai harmoni. Temuan tersebut, yang dilaporkan pada jurnal Advanced Materials, tidak hanya mengungkapkan lebih lanjut tentang laba-laba tapi juga dapat menginspirasi berbagai teknologi baru, seperti sensor ringan kecil, demikian seperti dilansir situs Phys.org, Selasa (3/5/2014).

Sutra ketika terkena peluru balistik. (phys.org)
Sutra ketika terkena peluru balistik. (phys.org)

“Kebanyakan laba-laba memiliki penglihatan yang buruk dan mengandalkan hampir secara eksklusif pada getaran sutra pada jaring mereka untuk informasi sensorik,” kata Beth Mortimer dari Oxford Silk Group di Universitas Oxford, yang memimpin penelitian.

“Suara sutra dapat memberi tahu mereka tentang jenis makanan apa yang sedang terjerat pada jaring mereka dan tentang maksud serta kualitas calon pasangan. Dengan memetik sutra seperti senar gitar dan mendengarkan ‘gema’, laba-laba juga dapat menilai kondisi jaringnya,” tambahnya.

Kualitas sutra seperti ini digunakan oleh laba-laba pada jaring mereka dengan ‘mengatur’ sutranya: mengendalikan dan menyesuaikan sifat yang melekat pada sutra, serta mengendalikan dan menyesuaikan ketegangan dan interkoneksivitas dari benang sutra yang membentuk jaring. Untuk mempelajari sifat sonik pada benang halus milik laba-laba, para peneliti menggunakan kamera yang memiliki kecepatan sangat tinggi (ultra high speed) untuk merekam benang tersebut ketika bereaksi terhadap tembakan peluru. Selain itu, laser digunakan untuk membuat pengukuran yang detil dari getaran yang sangat kecil.

Jaring sarang laba-laba Zygiella. (phys.org)
Jaring sarang laba-laba Zygiella. (phys.org)

“Fakta bahwa laba-laba dapat menerima getaran nanometer ini dengan organ-organ pada masing-masing kaki mereka, yang disebut celah sensillae, benar-benar menunjukkan dampak dari penelitian kami tentang sifat sutra yang ditemukan dalam kajian kami,” kata Dr. Shira Gordon dari Universitas Strathclyde, seorang penulis yang juga terlibat dalam penelitian tersebut.

“Lebih jauh, temuan ini menunjukkan sifat yang luar biasa dari sutra laba-laba yang mampu menggabungkan ketangguhan yang luar biasa dengan kemampuan untuk mentransferkan informasi sensitif,” kata Profesor Fritz Vollrath dari Oxford Silk Group di Universitas Oxford, salah seorang penulis pada paper tersebut.

“Hal tersebut adalah sifat yang akan sangat berguna dalam rekayasa berskala ringan dan mungkin akan melahirkan hal baru, sensor dan aktuator ‘pintar’,” tambahnya.

Dr Chris Holland dari Universitas Sheffield, salah seorang penulis pada Paper tersebut, mengatakan, “Sutra laba-laba terkenal dengan sifat mekanik mereka yang mengesankan, tetapi sifat getaran relatif diabaikan. Dan sekarang kita menemukan bahwa ternyata mereka juga merupakan alat komunikasi yang mengagumkan. Lagi-lagi laba-laba terus mengesankan kami dengan cara yang lebih dari yang kami bayangkan,” tambahnya.

Beth Mortimer mengatakan, “Bahkan mungkin laba-laba membuat sebuah jaring yang ‘terdengar benar’ sebagai sifat sonik yang terkait erat dengan faktor-faktor seperti kekuatan dan fleksibilitas”. (phys.org / dakwatuna / hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (7 votes, average: 9,57 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Ilustrasi. (arinarizkia.wordpress.com)

Secangkir Cinta Gadis Piano

Organization