Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Cara Desain Rumah Islami yang Asri?

Bagaimana Cara Desain Rumah Islami yang Asri?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

SIDIK DKW muka kanandakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna.com, saya memiliki tanah dengan ukuran 11 x 21 m. Saya ingin membangun rumah Islami yang asri. Untuk itu saya membutuhkan desain arsitektur yang baik dan benar.

Pak Andan, rencananya ingin saya bangun rumah tersebut dengan model tingkat 2 lantai. Di bawah ingin ada 2 kamar tidur. Di lantai atas ada 3 kamar tidur.

Ruang tidur utama dan wc utama ada di atas. Di dekat ruang tidur utama ada balkon. Di dekat balkon ada kamar mandi untuk anak-anak. Lalu ada juga ruang duduk di antara kamar tidur.

Di bawah saya ingin ada kamar mandi dekat dengan ruang tamu. Hingga tamu tidak jauh jika ingin ke wc. Ruang tamu saya ingin dibuat agak terpisah. Di sampingnya saya ingin ada garasi, hingga jika ada acara bisa melebar ke garasi.

Dapur dan ruang cuci jemur saya ingin tidak nampak dari luar. Jadi istri tidak perlu pakai jilbab saat masak dan mencuci. Lalu di dekat ruang keluarga saya ingin ada taman.

Bangunan saya harapkan mundur jauh ke belakang. Karena saya ingin carport yang luas. Bisa menampung 3 sampai 5 mobil sekaligus. Jadi cukup untuk menampung acara keluarga besar.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Sidik-Bogor

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Sidik di Bogor, alhamdulillah semangat untuk membuat desain rumah yang Islami akhir-akhir ini meningkat. Seiring dengan meningkatnya pemahaman umat Islam akan pentingnya rumah yang sesuai dengan tata cara hidup kaum muslimin.

Netter sekalian, yang menarik di sini adalah halaman depan yang sangat luas. Saya buat bangunan jauh mundur ke belakang. Hingga jika ada acara keluarga besar bisa ditampung di area yang luas ini. Mulai dari parkir mobil yang lega hingga area bermain bagi anak-anak yang nyaman.

Bangunan yang mundur ke belakang juga membuat tampilan 3 dimensi menarik. Sudut pandang yang biasanya sempit menjadi terbuka lebar. Mata bebas menangkap segenap sisi bangunan. Mulai dari atas hingga bawah.

Netter dakwatuna yang saya hormati, untuk menjaga kenyamanan service area, maka ia saya buat di belakang. Terlindungi tembok halaman dan ruang-ruang di dalamnya. Dengan akses yang bersatu bersama area cuci jemur, membuat wilayah ini menjadi kompak. Satu paket kegiatan service area. Cuci, masak dan jemur berpadu dalam satu zona area yang saling berdekatan dan berhubungan.

Untuk ruang makan dan ruang keluarga saya letakkan di tengah. Dengan pola ini saya bisa membuat ruang tidur berada pada sisi cahaya matahari langsung. Hingga ruang tidur menjadi sehat, sejuk dan nyaman. Sekaligus memiliki pandangan eksterior yang menarik.

Pola ini menghasilkan ruang keluarga yang nyaman. Karena ia berhubungan langsung dengan taman. Di tambah teras samping yang berhubungan langsung dengan garasi, zona area ini menjadi lega dan multi fungsi. Jika ada acara besar bisa langsung dihubungkan.

Untuk ruang tamu saya letakkan di depan. Dengan sekat pemisah yang tegas, membuat privacy ruang keluarga menjadi baik. Walaupun suatu saat sekat ini bisa dibuka atau di geser. Hingga bisa terbentuk ruang tengah yang lega dan lapang.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga desain rumah Islami yang cantik dan asri ini bisa menjadi sumber inspirasi kita. Semoga semakin banyak keluarga muslim yang perhatian akan desain rumah yang Islami. Hingga kebutuhan kita sebagai umat Islam dapat terwujud.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke: [email protected]

SIDIK DKW int. Lt. DasarSIDIK DKW int. Lt. atasSIDIK DKW pot. samping kananSIDIK DKW pot. belakangSIDIK DKW atasSIDIK DKW muka kananSIDIK DKW mukaSIDIK DKW belakang

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (31 votes, average: 8,48 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Mansyur Supian

    Ustadz Andan konsultasi rumah ana kok belum ada balasan ya…afwan.

  • Sri Fatimah

    Keren banget. Aku suka, hhe :)

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Rumah Impian