Home / Berita / Nasional / Ridwan Kamil Terpilih Jadi Wali Kota Terbaik di Dunia

Ridwan Kamil Terpilih Jadi Wali Kota Terbaik di Dunia

Walikota Bandung Ridwan Kamil terpilih menjadi walikota terbaik dunia bersama 11 walikota lainnya. (tempo.co)
Walikota Bandung Ridwan Kamil terpilih menjadi walikota terbaik dunia bersama 11 walikota lainnya. (tempo.co)

dakwatuna.com – Singapura. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terpilih menjadi salah satu wali kota terbaik di dunia. Ridwan terpilih bersama 11 wali kota lainnya dalam Forum Young Leader Simposium World Cities Summit di Singapura yang digelar sejak 31 Mei hingga 5 Juni 2014.

Wali kota yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera ini mendapat kesempatan berpidato dan mempresentasikan sistem kepemimpinannya di hadapan 400 pemimpin muda dan wali kota se-dunia. Dia berharap terobosannya selama memimpin Kota Kembang itu bisa dijadikan inspirasi bagi wali kota lain di dunia.

Di hari pertama forum terbaik di dunia itu, Ridwan mempresentasikan terobosan baru selama delapan bulan dirinya memimpin Kota Bandung dengan sistem kolaborasi dengan warga, komunitas dan seluruh perangkat kota seperti kepolisian, TNI, dan kejaksaan.

Bukan hanya itu, Ridwan juga menularkan cara efektif melalui media sosial untuk berinteraksi langsung dengan warga Bandung dan aparat pemerintahan. Sehingga, menurut dia, rapat tidak perlu digelar setiap hari. Dengan melalui media sosial Twitter, pejabat pemerintahan bisa membicarakan masalah dan penanganan Kota Bandung.

Untuk menunjang itu semua, Pemerintah Kota Bandung menyediakan 4.000 lebih wifi yang tersebar di beberapa wilayah untuk memudahkan warga dan perangkat pemerintahan berinteraksi.

Meski demikian, Ridwan mengatakan, pemerintahannya tetap melaksanakan program jangka panjang seperti membuat monorel, up grade taman kota, membiasakan budaya bersepeda, memungut sampah, berpakaian daerah, hingga wajib berbahasa Sunda.

Program-program inilah yang dinilai Forum Walikota Se-Dunia merupakan gebrakan yang positif dari diri seorang Ridwan Kamil.

Dalam agenda tahunan forum pemimpin muda dunia ini turut diundang Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo, Wali Kota Medan Djulmi Elin, Wali Kota Binjai Idaham, dan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan. (viva/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (40 votes, average: 9,20 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Guest

    Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya pada pak Ridwan Kamil, saya meragukan kinerja panitia yg mengadakan pemilihan Gubernur terbaik sedunia…mana mungkin dlm waktu 8 bulan mereka sudah bisa memonitor kinerja pak Gubernur….( ingat kasus walikota Surabaya? )….saat saya masih kerja di hotel bintang lima….banyak panitia2 dadakan yg mencari sesuap nasi dengan cara mengadakan acara2 seperti itu…panitia ABAL-ABAL

  • bagoswae

    Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya pada pak Ridwan Kamil, saya
    meragukan kinerja panitia yg mengadakan pemilihan Gubernur terbaik
    sedunia…mana mungkin dlm waktu 8 bulan mereka sudah bisa memonitor
    kinerja pak Gubernur….( ingat kasus walikota Surabaya? )….saat saya
    masih kerja di hotel bintang lima….banyak panitia2 dadakan yg mencari
    sesuap nasi dengan cara mengadakan acara2 seperti itu…panitia
    ABAL-ABAL

Lihat Juga

Adhiyaksa Dault, salah satu kandidat Gubernur DKI Jakarta. (tribunnews.com)

Adhyaksa Siap Mundur Jika Kang Emil Maju di Pilkada DKI