Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Saudi Akan Terbitkan Ensiklopedia Pencatat Al-Qur’an

Saudi Akan Terbitkan Ensiklopedia Pencatat Al-Qur’an

Sebuah manuskrip mushaf Al-Qur'an kuno (Akhbar Al-Alam)
Sebuah manuskrip mushaf Al-Qur’an kuno (Akhbar Al-Alam)

dakwatuna.com – Al-Madinah Al-Munawwarah. Percetakan Mushaf Al-Qur’an Raja Fahd di Madinah akan segera menerbitkan sebuah ensiklopedia yang berisi para pencatat Al-Qur’an. Seperti diberitakan Akhbar Al-Alam, Ahad (1/6/2014).

Diterbitkannya ensiklopedia ini bertujuan mengumpulkan biografi para penulis Al-Qur’an mulai dari saat diwahyukannya kepada Rasulullah saw. hingga saat ini. Informasi tentang mereka akan dikumpulkan dari buku-buku sejarah, biografi, katalog penulis dan ulama Islam, dan lainnya.

Sekjen penerbitan Mushaf Al-Qur’an Raja Fahd, Dr. Muhammad Salim bin Syadid Al-Aufi, menjelaskan bahwa penulisan ensiklopedia ini dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan metodologi. Pengumpulan materi dan hasil kasar penyiapannya telah rampung, tinggal proses editing dan merapikannya.

Ensiklopedia ini akan diawali dengan pembahasan singkat tentang beberapa masalah dalam penulisan mushaf Al-Qur’an, seperti sejarah tulisan Arab, jenis-jenis kaligrafi, perkembangan penulisan mushaf Al-Qur’an, sejarah beberapa mushaf terkenal, kreativitas para penulis, aliran penulisan dan lainnya. Ensiklopedia ini diperkirakan akan berjumlah lima jilid, dan masih sangat mungkin untuk bertambah. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Negara-negara Eropa Dukung Penuh Turki Usut Tuntas Kasus Khashoggi

Figure
Organization