Home / Berita / Nasional / Nur Afifah, Peraih UN IPS Tertinggi Masuk Sastra Inggris UGM

Nur Afifah, Peraih UN IPS Tertinggi Masuk Sastra Inggris UGM

Nur Afifah Widyaningrum, Peraih nilai ujian naisonal (UN) 2014 tertinggi bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). (kabar24.com)
Nur Afifah Widyaningrum, Peraih nilai ujian naisonal (UN) 2014 tertinggi bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). (kabar24.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Masih ingat Nur Afifah Widyaningrum? Peraih nilai ujian naisonal (UN) tertinggi bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) itu siap meneruskan studinya di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Afi, demikian dia biasa disapa, lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada pilihan pertamanya, Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, UGM.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med. Sc., Ph.D. memaparkan, dari 3.227 calon mahasiswa yang diterima UGM melalui SNMPTN, beberapa di antaranya merupakan siswa 10 besar nilai UN nasional.

Selain Afi, ada  Rikko Sajjad Nuir. Peringkat dua nilai UN bidang IPS nasional ini akan menjadi mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.  Selain itu, di bidang IPA ada Hashina Zulfa. Peringkat tiga nasional ini memilih prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, UGM.

“Calon mahasiswa yang diterima ini berhasil masuk UGM setelah rekam prestasi akademiknya unggul bersaing dengan 61.944 peserta SNMPTN yang mendaftar di UGM,” ujar Iwan, seperti disitat dari laman UGM, Rabu (28/5/2014).

Setelah diterima di UGM, Afi dan Rikko, Hashina dan ribuan calon mahasiswa lainnya harus segera mendaftarkan diri. Langkah pertama adalah mengisi biodata secara online di laman UM UGM http://um.ug.ac.id pada 2-6 Juni 2014. Calon mahasiswa juga harus mengunggah dokumen yang disyaratkan.

Tahap selanjutnya adalah registrasi di Direktorat Akademik UGM pada 16-18 Juni 2014. Pada tahap ini, kata Iwan, calon mahasiswa harus datang sendiri pada jadwal yang ditentukan, tidak boleh diwakilkan. Jangan lupa membawa berkas registrasi seperti yang telah diumumkan di laman UM UGM.

“Calon mahasiswa yang tidak melaksanakan re‎gistrasi sampai dengan tanggal 18 Juni 2014 pukul 15.00 WIB dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM di tahun ajaran 2014/2015,” tutur Iwan.

Sebagai informasi, para peserta SNMPTN 2014 di UGM terutama bersaing di prodi Teknologi Informasi, Arsitektur,  Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, dan Gizi Kesehatan untuk kelompok IPA. Sementara itu, prodi Pariwisata, Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen dan Akuntansi merupakan prodi dengan tingkat persaingan tertinggi di kelompok IPS. (okezone/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 3,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Kartu ATM BRI Syariah (inet)

FTP UGM, Baznas Dan BRI Syariah Luncurkan ATM Infak Pangan

Organization