Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Strategi Renovasi Rumah Menjelang Lebaran?

Bagaimana Strategi Renovasi Rumah Menjelang Lebaran?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

mustain depok disain 3 tampak mukadakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb
Pak Andan di dakwatuna, sebentar lagi lebaran menjelang. Sementara saya ingin merenovasi rumah saya karena keadaan yang mendesak. Bagaimana sebaiknya menurut Pak Andan ?

Kebutuhan lantai 2 saya ingin ada 2 kamar tidur anak, 1 ruang pelayan, 1 kamar mandi, ruang cuci jemur dam gudang terbuka. Di atas saya juga ingin ada balkon, void, ruang duduk dan atap dak beton darport.

Untuk lantai 1 saya ingin ada 1 kamar tidur, dapur, ruang tamu plus ruang pengajian, kamar mandi yang dekat mushalla, ruang keluarga dan ruang makan yang dekat dengan dapur bersih ( pantry ).

Gambar lama sebenarnya sudah di tayangkan, terima kasih atas perhatiannya. Namun saya ingin dibuat desain nya lebih sederhana. Hingga waktu pengerjaan nya menjadi lebih singkat.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Musta’in di Depok, terima kasih atas perhatiannya pada kami. Mohon doa agar teman – teman di dakwatuna dapat tetap istiqamah memberikan info yang baik bagi umat Islam.

Pak Musta’in dan netters sekalian, untuk menyingkat waktu pengerjaan maka saya coba pertahankan atap lama. Setelah saya survey rumah Pak Musta’in, ternyata atap lamanya masih cukup bagus. Hingga bagian ini tidak saya bongkar.

Bangunan lama yang sudah merupakan dua lantai tinggal saya sambungkan saja dengan cor dak beton baru. Hingga hanya atap ruang tidur anak depan dan ruang duduk saja yang menggunakan atap baru. Setelah itu pekerjaan cor dak beton beralih ke atap carport dan pet beton balkon lantai 2.

Selebihnya hanyalah pekerjaan tambal sulam yang tinggal menyesuaikan dengan bangunan lama. Ruang tamu yang saya panjangkan hanya perpanjangan ruang tamu lama. Ruang keluarga hanyalah bongkaran ruang tidur yang ada di tengah. Pantry hanya saya lubangi saja agar bisa menghadap ke ruang TV.

Tangga lama tetap. Kamar mandi di belakang juga tidak di bongkar. Ruang tidur di depan masih pakai yang lama. Ruang pelayan di atas bisa di sekat saja dengan partisi gypsum. Ruang cuci jemur cukup membuka atap lama.

Nah, dengan demikian kita tidak perlu khawatir dengan jadwal lebaran yang sebentar lagi tiba. Apalagi jika tukang memang sudah siap. Paling tidak target rumah ini selesai hingga ke pekerjaan struktur. Untuk finishing bisa dikerjakan sambil jalan.

Demikianlah keunikan tersendiri dalam membuat renovasi desain rumah tinggal. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga rumah Pak Musta’in bisa selesai dalam waktu yang singkat.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

mustain depok disain 3 Denah AWALmustain depok disain 3 DenahCopy of mustain depok - pot - view 1Copy of mustain depok - pot - view 3mustain depok - pot - view 2mustain depok disain 3 atasmustain depok disain 3 tampak mukamustain depok disain 3 tampak samping

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 8,22 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Abu Azzam S Widodo

    Informasinya sangat bermanfaat sekali nih Pak Andan… trims Semoga bisa menjadi sumber informasi bagi yang ingin merenovasi rumah jelang lebara…

Lihat Juga

Ketersediaan LPG dan BBM Jelang Lebaran Harus Mudah dan Terkontrol