Home / Berita / Nasional / Dalam Rangka Hari TB Sedunia, PKPU Membidani Berdirinya Kampung Bebas TB

Dalam Rangka Hari TB Sedunia, PKPU Membidani Berdirinya Kampung Bebas TB

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU membidani  pendirian Kawasan Bebas Tuberkulosis (TB) yakni berada di RW 07 Kelurahan Tengah Jakarta Timur. Sabtu (24/5).  (resti/pkpu)
PKPU membidani pendirian Kawasan Bebas Tuberkulosis (TB) yakni berada di RW 07 Kelurahan Tengah Jakarta Timur. Sabtu (24/5). (resti/pkpu)

dakwatuna.com – Jakarta.   Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU membidani  pendirian Kawasan Bebas Tuberkulosis (TB) yakni berada di RW 07 Kelurahan Tengah Jakarta Timur. Pendirian kampung Bebas TB dilakukan bersamaan dengan hari TB Sedunia, Sabtu  (24/5/2014).

Ferry Suranto, Manager HEN PKPU mengajak seluruh warga untuk bersama-sama untuk turut serta berpartisipasi dalam hal kesehatan sesuai dengan kapasitasnya dan di wilayah masing-masing.

“Di setiap wilayah pasti memiliki berbagai masalah kesehatan, maka  perlu bersama-sama menyelesaikan satu persatu masalah kesehatan tersebut,” kata Ferry.

Ia mencontohkan, pemberantasan  masalah TB bisa dilakukan dengan mengikutsertakan Kelompok Masyarakat Peduli TB di Kelurahan Tengah,” ujarnya sekaligus membuka dan mengesahkan Kawasan Bebas TB di Kelurahan Tengah.

H. Yudi sebagai perwakilan RW 7 menyambut baik ditetapkannya RW 07 sebagai ikon Kawasan Bebas TB.  “Apalagi PKPU akan melakukan pembinaan KMP-TB sebagai komunitas di masyarakat yang secara khusus dan fokus memberantas TB di masyarakat,”  kata Yudi.

RW 07 akan dijadikan sebagai RW percontohan sebagai kawasan bebas TB. Kegiatan dan gagasan Kawasan Bebas TB ini mendapat-kan dukungan besar dari Puskesmas Kelurahan dan Kecamatan, sehingga bisa terus bekerjasama dalam memberantas TB.

Peringatan HUT TB ini melibatkan berbagai pihak antara lain A’isiyah, Puskesmas, (KMP-TB) Kelurahan Tengah, aparat pemerintahan setempat, kader TB se- Jakarta Timur dan masyarakat sekitar yang tinggal di kawasan RW 07.

Peserta yang hadir cukup antusias dan memberikan apresiasi positif terkait kegiatan tersebut. Jumlah peserta dan tamu undangan yang hadir dalam acara ini mencapai kurang lebih 170 orang dan hampir semua peserta ikut serta dalam games TB.

Acara dimulai dengan kegiatan senam poco-poco yang melibatkan warga yang tinggal di sekitar RW 07, sambutan dari berbagai pihak, seperti PKPU, perwakilan dari RW dan KMP TB.

Acara dilanjutkan dengan berbagai hiburan mulai dari marawis, hadroh, pementasan seni teater, musik dan tari daerah, selanjutnya tiba di acara puncaknya yaitu games TB.

Games TB ini merupakan permainan yang dirancang dengan konsep mengenal TB dengan berbagai cara. permainan tersebut terdiri dari beberapa pos yang tersebar di beberapa titik di RW 07.

Isi dari games tersebut adalah puzzle TB, cerdas cermat TB, oper karet, membuat poster TB, penyuluhan dan komuni kata. Dengan rangkaian games ini diharapkan kader dan masyarakat bisa saling mengenal dan bekerjasama dalam tim.

Untuk menjaga kekompakan setiap kelompok harus membuat yel-yel tentang TB yang akan ditampilkan di setiap pos serta menjadi salah satu penilaian.

Selain itu, games yang tidak kalah menarik diperuntukkan khusus untuk anak-anak adalah games ular tangga TB, dengan harapan anak-anak bisa mengenal TB sejak dini.

Acara ini cukup meriah dan berhasil menarik simpati masyarakat dan tamu undangan yang diharapkan ke depannya bisa melibatkan masyarakat untuk bergabung bersama KMP-TB melaksanakan program-program terkait pemberantasan TB di RW 07 khususnya dan di Kelurahan Tengah umumnya.

Di penghujung acara, diumumkan  pemenang games yang  membuat suasana semakin ramai ditambah dengan surprise dari panitia untuk merayakan ulang tahun ke-2 KMP-TB yang jatuh pada tanggal 25 Mei 2014.

Peringatan ulangtahun KMP-TB menjadikan motivasi baru bagi anggota KMP-TB dan masyarakat untuk terus bersama-sama memberantas TB dan menjalankan program-program Kawasan Bebas TB. (resti/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Sukismo

Lihat Juga

Let’s Help Rohingnya: Wujudkan Kepedulian Demi Kemanusiaan