Home / Berita / Internasional / Asia / Malaysia Temukan Cadbury Mengandung Babi, Bagaimana di Indonesia?

Malaysia Temukan Cadbury Mengandung Babi, Bagaimana di Indonesia?

Cadbury Dairy Milk Hazelnut, Salahsatu coklat Cadbury yang mengandung Enzim Babi dan beredar di Malaysia - (ceritasemasa.com)
Cadbury Dairy Milk Hazelnut, Salahsatu coklat Cadbury yang mengandung Enzim Babi dan beredar di Malaysia – (ceritasemasa.com)

dakwatuna.com – Kuala Lumpur. Kementerian Kesehatan Malaysia melansir dua sampel coklat Cadbury mengandung unsur babi.

Dua jenis coklat yakni Coklat Susu dengan Kacang Hazel (Cadbury Dairy Milk Hazelnut) dan Coklat Susu dengan Buah Badam (Cadbury Dairy Milk Roast Almond) terdapat DNA khinzir (porcine). Porcine adalah bahan yang berasal dari enzim babi.

Dilansir dari Bernama, Ahad (24/5), DNA porcine tersebut diketahui Kementerian Kesehatan dalam sampel coklat susu dengan kacang Hazel bernomor kelompok (batch no) NO200813M01H I2 dengan tanggal kadaluwarsa 13 Nov 2014; dan coklat susu dengan buah badam dengan nomor kelompok 221013N01R I1 dan tanggal kadaluwarsa 15 Jan 2015.

Saat mengumumkan laporan tersebut pada Sabtu lalu, Ketua Pengarah Kesihatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah berkata analisis terhadap Cadbury Dairy Milk Chocolate bagaimanapun tidak menemui kandungan DNA tersebut.

Adanya DNA porcine pada produk Cadbury tersebar luas di media sosial sejak Jumat. Lewat Facebook, beberapa akun memaparkan keputusan Kementerian Kesehatan terhadap dua produk tersebut. Dr Noor Hisham berkata ketiga sampel coklat itu telah diambil untuk analisis DNA khinzir bagi tujuan pemantauan.

Dia mengatakan, produsen Cadbury di Malaysia, Cadbury Confectionery Malaysia Sdn Bhd akan menarik produk-produk itu dari pasaran.

“Kementerian Kesihatan menasihatkan orang ramai supaya membaca nomor kelompok pada label produk sebelum membeli atau memakannya,” kata Dr Noor Hisham.

Seperti kita ketahui bahwa coklat Cadbury banyak kita temuai di swalayan maupun supermarket yang ada di Indonesia. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah Indonesia terhadap dua jenis coklat cadbury. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 9,60 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pesantren Kilat yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Muslimah (FOKMA) daerah Perak Malaysia, di depan asrama pekerja Unisem Simpang Pulai, Malaysia, Ahad, (26/6/2016). (YY Farikha)

(Foto) FOKMA Perak Malaysia Gelar Sanlat Bertema “Mengenali Diri tuk Lebih Dekat dengan Ilahi”