Home / Berita / Daerah / Minimnya Pendonor Saat Ramadhan, PMI Mulai Siapkan Stok Darah

Minimnya Pendonor Saat Ramadhan, PMI Mulai Siapkan Stok Darah

Stok Darah (ilustrasi) - (monofeya.gov.eg)
Stok Darah (ilustrasi) – (monofeya.gov.eg)

dakwatuna.com – Jakarta. Satu bulan menjelang Ramadhan, PMI DKI Jakarta sudah mulai menyiapkan stok darah dari sekarang. Hal ini untuk mengantisipasi minimnya masyarakat yang mendonorkan darah ketika bulan puasa.

Kepala Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta, Salimar Salim mengatakan penurunan stok darah biasanya akan dimulai dari pertengahan Ramadhan.
“Minggu ketiga Ramadhan itu selalu terjadi penurunan jumlah pendonor darah. Itu berdampak pada jumlah darah yang kita terima,” kata Salimar dikutip dari Republika Online, Senin (26/5).

Hingga Senin (26/5), PMI DKI Jakarta sudah menyimpan stok 5.073 kantong darah. Jumlah ini masih setengah dari stok tahun lalu yang mencapai10.000 kantong.

Salimar mengatakan stok darah yang dikumpulkan saat ini dipersiapkan untuk dua minggu pertama bulan Ramadhan. Ini dikarenakan darah mempunyai masa simpan yaitu selama satu bulan.

Selain secara pasif menunggu pendonor darah, Salimar mengaku PMI DKI Jakarta juga melakukan beberapa kegiatan aktif mencari darah. Ia mengatakan, selain menggunakan mobil unit donor darah, PMI DKI Jakarta juga bekerja sama dengan TNI.

Pada Sabtu dan Ahad, PMI pun turun ke gereja-gereja untuk mencari donor darah dari umat non muslim yang tidak berpuasa. “Kita juga minta rumah sakit untuk melakukan donorkan darah di rumah sakit itu sendiri. Kalau dapat kita berikan 70 persen untuk dia sendiri,” tambahnya.

Kegiatan ini, menurut Salimar dilakukan untuk mengantisipasi kurangnya stok darah di Ramadhan nanti. “Kita juga bekerja sama dengan komunitas-komunitas untuk darah yang langka. Kita punya Komunitas Resus Negatif Indonesia dan juga Ekspatriat. Kalau butuh, nanti kita telepon,” jelas Salimar. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (pkpu / izi)

Ramadhan Kekinian