Home / Keluarga / Pendidikan Keluarga / Pendidikan Keluarga, Pendidikan Pertama untuk Anak

Pendidikan Keluarga, Pendidikan Pertama untuk Anak

Ilustrasi. (Foto: blogspot.com)
Ilustrasi. (Foto: blogspot.com)

dakwatuna.com – Anak adalah amanah dari Allah Swt yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Layaknya sebuah amanah, ia akan dimintai pertanggungjawabannya. Hal itulah yang dilakukan oleh seorang ibu, dan tentunya oleh orang tua di manapun juga. Peranan orang tua sangat besar untuk menjadikan anak-anaknya tumbuh sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Terutama pendidikan pertama di dalam keluarga. Pendidikan keluarga memiliki peranan yang sangat besar dalam menumbuhkembangkan anak-anak. Pendidikan dari keluarga (orang tua) inilah yang dapat memberikan pondasi yang kuat untuk membentengi anak-anaknya agar tidak salah dalam pergaulan di masa yang akan datang.

Baik buruknya tingkah pola dan perilaku seorang anak, ada peran dari orang tua, lingkungan, pendidikan, ataupun segala hal yang ditangkap dari indra seorang anak. Untuk itu, sangat beruntung bagi mereka, para orang tua yang bisa terus mendampingi anak-anaknya dalam masa tumbuh kembangnya.

Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama bagi tumbuhkembang anak. Tujuannya adalah untuk memelihara, melindungi anak sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Karena keluarga merupakan kesatuan hidup bersama yang paling utama dikenal oleh anak sehingga disebut lingkungan pendidikan pertama dan utama.

Mengapa pendidikan dalam keluarga dikatakan penting? Karena di sinilah untuk pertama kalinya anak mendapatkan pendidikan informal dari kedua orang tua dan lingkungannya. Pentingnya pendidikan dalam keluarga sangat jelas karena merupakan wahana pengembangan sumber daya manusia. Selain itu, berbagai strategi dalam pendidikan di lingkungan keluarga sesuai dengan tumbuhkembangnya sang anak.

Pendidikan informal dalam keluarga sangat efektif dan strategis untuk menanamkan nilai-nilai dasar kehidupan, emosional, keadilan, dan nilai-nilai lainnya. Karena orang tua merupakan pendidik pertama dan utama dalam pendidikan keluarga. Orang tua juga punya peran yang sangat penting dalam memberikan rangsangan terhadap perkembangan anak di lingkungan keluarga. Namun, terkadang hal ini kurang dipahami oleh orang tua dan masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah dan lembaga.

Hakikatnya, pendidikan keluarga bertujuan meningkatkan kualitas hidup keluarga agar dapat berpartisipasi dalam berbagai aspek kehidupan. Selain itu, juga sebagai media bagi orang tua dalam menanamkan dan mewujudkan nilai-nilai kebaikan dan keadilan dalam keluarga. Hal itu sangatlah penting untuk mengembangkan dan memberdayakan keluarga menuju perwujudan keluarga yang adil dan setara, terutama dalam bidang pendidikan.

Dan keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak yang memberikan sumbangan bagi perkembangan dan pertumbuhan mental maupun fisik anak dalam kehidupan dan pendidikan ke depannya. Lingkungan keluarga mempunyai peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan pendidikan. Karena perkembangan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarganya.

Lingkungan dapat memberikan pengaruh positif dan juga pengaruh negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan sikap, akhlak, moral, perasaan, dan agama. Karena itu dapat dipahami bahwa penerapan pendidikan keluarga secara baik pada lingkungan keluarga, memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian muslim. Wallahu A’lam.

About these ads

Redaktur: Pirman

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 7,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Cecep Y Pramana
Pegiat sosial kemanusiaan, dakwah online, motivasi online. Baca buku, tulis menulis, jalan-jalan, hiking, foto-foto, media online. Bekerjalah, walaupun dengan langkah-langkah kecil

Lihat Juga

gadget

Anak-Anak di Era Digital dan Media Sosial