Home / Berita / Nasional / Mantan Ketua PBNU Puji Netralitas Muhammadiyah Dalam Pilpres

Mantan Ketua PBNU Puji Netralitas Muhammadiyah Dalam Pilpres

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi  - (tribunnews.com)
Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi – (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi memuji keputusan Muhammadiyah untuk bersikap netral pada Pemilu Presiden 2014.

“Saya menyampaikan apresiasi dan penghormatan terhadap sikap Muhammadiyah yang disampaikan oleh Pak Din Syamsuddin (Ketua Umum PP Muhammadiyah, Red) perihal netralitas Muhammadiyah terhadap Pilpres 2014 . Itu sangat bagus dan memang seharusnya,” katanya di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, Muhammadiyah sebagai penjaga integritas moral umat dan bangsa tidak boleh bergerak dalam politik praktis, namun harus bergerak politik keumatan dan kebangsaan.

“Sebenarnya NU pun demikian dalam aturannya. PBNU seharusnya mendeklarasikan netralitas aktif seperti yang diputuskan Muktamar NU,” katanya.

Ia pun menyayangkan sikap Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang menyatakan mendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto meskipun dalam kapasitas pribadi.

“Tidak boleh menyatakan dirinya secara pribadi berpihak kemudian selebihnya menetralkan umatnya,” katanya.

Menurut Hasyim, posisi Said Aqil berbeda dengan dia yang sudah tidak lagi menjabat di struktural NU atau Syafii Maarif dan Amien Rais yang tidak lagi menjabat di struktural Muhammadiyah sehingga ketika mendukung salah satu bakal capres tidak dikaitkan dengan organisasi.

Ketika maju sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2014, kata Hasyim, ia pun nonaktif sebagai Ketua Umum PBNU selama enam bulan.

“Saya sekarang sudah mantan Ketua Umum PBNU setelah menjabat dua periode. Maka saya bebas memilih tanpa menggunakan struktur NU. Berarti ketika saya mendukung Jokowi-JK sama sekali tidak ada masalah dengan aturan yang berlaku di NU,” katanya. (antara/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ruhut Sitompul

Sebut Kata-Kata ‘Binatang’ dalam Kasus Siyono, Ruhut Dilaporkan ke MKD