Home / Berita / Internasional / Asia / Kunjungan Paus Ke Betlehem, Vatikan Mengakui Negara Palestina

Kunjungan Paus Ke Betlehem, Vatikan Mengakui Negara Palestina

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus tiba di Betlehem, Tepi Barat dan disambut Presiden Palestina Muhammad Abbas, Ahad (25/5) - (muslimedianews.com)
Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus tiba di Betlehem, Tepi Barat dan disambut Presiden Palestina Muhammad Abbas, Ahad (25/5) – (muslimedianews.com)

dakwatuna.com – Betlehem. Kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Betlehem, Tepi Barat (Sungai Yordan) merupakan isyarat Vatikan mengakui berdirinya negara Palestina.

Associated Press menuliskan Ahad (25/5/2014), sebelumnya para pemimpin gereja Katolik selalu tiba lebih dulu di Tel Aviv, ibukota Israel. Tapi kali ini, Paus Fransiskus langsung menginjakkan kakinya di Betlehem, Tepi Barat. ‘’Ini merupakan simbol bahwa Gereja Katolik merestui berdirinya sebuah negara bernama Palestina’’ tulis kantor berita kondang itu.

Bahkan, Paus Fransiskus yang terbang dari Yordania dan mendarat di sebuah helipad di Betlehem itu, langsung menemui Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Program kunjungan yang disusun pejabat Vatikan itu juga menyebut Mahmoud Abbas sebagai ‘’Presiden Negara Palestina’’.

Pada 29 November 2012, Sidang Umum PBB meningkatkan peranan Palestina dari negara peninjau menjadi ‘negara non-anggota peninjau PBB’. Dengan demikian, secara de facto PBB mengakui kedaulatan Palestina.

Dengan status barunya itu, posisi Palestina bisa disejajarkan dengan posisi Gereja Katolik Vatikan, dan Switzerland yang menyandang negara non anggota peninjau PBB sejak 50 tahun. PBB juga mengizinkan delegasi Palestina menyebut diri sebagai ‘Peninjau Tetap Misi Negara Palestina di PBB. Bukan lagi Otoritas Nasional Palestina. (inilah/sbb/dakwatuna)

 

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Stadium general di aula Universitas Islam As-Syafiiyah. (aspacpalestine.com)

Peringati Hari Solidaritas Palestina, ASPAC for Palestine Gandeng UIA Gelar Stadium General

Organization