Home / Berita / Internasional / Asia / Mesir Bantu Israel Serang Mavi Marmara

Mesir Bantu Israel Serang Mavi Marmara

Mavi Marmara (en.wikipedia.org)
Mavi Marmara (en.wikipedia.org)

dakwatuna.com – Ankara. Mantan duta besar Turki di Tel Aviv, Oğuz Çelikkol, menuduh Mesir berada di balik penyerangan Israel kepada kapal Mavi Marmara yang berusaha menembus blokade Gaza tahun 2010 yang silam.

Dalam sebuah buku yang baru dilaunchingnya, Çelikkol mengatakan bahwa seseorang dari intelijen Mesir yang menyampaikan informasi kepada Israel tentang adanya persenjataan dalam kapal Mavi Marmara, sehingga membuat Israel memutuskan untuk menyerang kapal tersebut.

Saat itu kedutaan besar Turki juga menerima informasi bahwa anggota intelijen Mesir itu menaiki pesawat khusus Israel hanya beberapa saat sebelum penyerangan kapal. Kedatangannya di Tel Aviv melalui koordinasi dengan kedutaan besar Mesir, demikian juga kepulangannya.

Menurut Çelikkol, kerja sama antara Mesir dan Israel memang sangat kuat dalam menerapkan blokade atas Gaza. Kepala intelijen Mesir, Umar Sulaiman, secara rutin berada di Israel. Sepekan sebelum penyerangan kapal, dia juga berkunjung ke Israel. (msa/dakwatuna/rassd)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Penyebutan Kata “Mesir” di Dalam Al-Quran