Home / Berita / Internasional / Asia / Nasib Rezim Asad Akan Ditentukan Kamis Besok di Dewan Keamanan PBB

Nasib Rezim Asad Akan Ditentukan Kamis Besok di Dewan Keamanan PBB

Sidang Dewan Keamanan PBB (islammemo)
Sidang Dewan Keamanan PBB (islammemo)

dakwatuna.com – New York. Semua persiapan pelaksanaan voting tentang rancangan resolusi yang diajukan oleh Prancis telah selesai. Resolusi PBB ini dibuat untuk membawa kasus pembantaian dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Suriah ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC). Kemungkinan besar, pelaksanaan voting akan dilakukan hari Kamis (22/5/2014) besok.

Beberapa bulan lalu, Swiss pernah berhasil mengumpulkan dukungan dari 58 negara untuk membawa kasus Suriah ke ICC. Saat ini Swiss meminta negara-negara lainnya yang merupakan anggota Majelis Umum PBB untuk menambah jumlah dukungan tersebut. Semakin banyak negara yang mendukung, maka akan semakin besar tekanan kepada rezim Asad di Suriah, dan Rusia yang mengancam akan menggunakan hak vetonya guna menggagalkan rancangan resolusi ini.

Prancis, Senin (12/5/2014) yang lalu mengusulkan kepada Dewan Keamanan (DK) untuk membawa kejahatan perang Suriah dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan militer Suriah dan milisi-milisi pendukungnya ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

Namun Suriah tidak termasuk negara yang menandatangai perjanjian ICC. Oleh karena itu DK harus mengeluarkan resolusi yang memberikan kewenangan ICC untuk menangani pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di Suriah. (msa/dakwatuna/alquds)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

PM Rusia, Dmitry Medvedev dan PM Israel Benyamin Netanyahu. (aljazeera.net)

Rusia dan Israel Sepakat Terkait Nuklir Iran