Home / Berita / Internasional / Eropa / Tingkah Wilders Akibatkan Krisis Hubungan Saudi-Belanda

Tingkah Wilders Akibatkan Krisis Hubungan Saudi-Belanda

Geert Wilders (Al-Quds Al-Arabi)
Geert Wilders (Al-Quds Al-Arabi)

dakwatuna.com – Riyadh. Keputusan Saudi menerapkan sanksi perdagangan kepada perusahaan-perusahaan Belanda telah membuat gentar para pejabat dan pengusaha Belanda. Keputusan Saudi ini ada menyusul tingkah Geert Wilders, anggota parlemen dan tokoh radikal Belanda, yang dinilai Saudi telah melecehkan Islam. Wilders mengubah kalimat syahadat di bendera Saudi dengan slogan yang melecehkan Islam dan Al-Qur’an.

Al-Quds Al-Arabi, Selasa (20/5/2014) mengabarkan bahwa para pengusaha Belanda mengungkapkan kekecewaan mereka terhadap sikap Wilders yang merugikan mereka. Apalagi Saudi berencana mengurangi jumlah visa yang diberikan kepada para pengusaha Belanda. Bahkan telah turun perintah kerajaan untuk menghalangi perusahaan-perusahaan Belanda ikut serta dalam proyek-proyek raksasa masa depan yang telah dicanangkan Saudi.

Karena itulah, Dutch News mengabarkan bahwa sudah ada gerakan diplomasi untuk mengatasi ketegangan hubungan kedua negara ini. Menteri luar negeri Belanda, Frans Timmermans, akan segera berkunjung ke Saudi untuk menghilangkan ‘kesalah-pahaman’ antara kedua negara. Sebelumnya, Fras mengatakan, “Kami menghormati kebebasan berpendapat yang dimiliki oleh Wilders, tapi kebebasannya jangan sampai menyakiti perasaan orang lain.” (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 7,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Arab Saudi Lepaskan Kepemilikan Atas Surat Utang AS Hingga 22%