Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Pasukan Haftar Terus Serang Kelompok-kelompok Islam di Benghazi

Pasukan Haftar Terus Serang Kelompok-kelompok Islam di Benghazi

Benghazi (4.bp.blogspot.com)
Benghazi (4.bp.blogspot.com)

dakwatuna.com – Benghazi. Terjadi ledakan di sebuah stasiun radio Islam yang dimiliki oleh Jamaah Anshar Syariah Islamiyah, Ahad (18/5/2014). Para saksi mata menyatakan bahwa orang-orang tak dikenal yang menaiki sebuah kendaraan roda empat melemparkan bom rakitan. Belum ada pihak yang mengakui bertanggung jawab atas kejadian ini.

Sejak hari Jumat, Jamaah Anshar Syariah Islamiyah dan kelompok-kelompok lainnya mengalami serangan-serangan yang dilakukan pasukan semi militer pimpinan Khalifa Haftar. Hingga saat ini, korban yang jatuh mencapai 79 orang meninggal dan 141 terluka.

Pemerintah Libya menuduh Haftar telah melakukan percobaan kudeta militer, dimulai dari Benghazi. Namun Haftar membantah tuduhan tersebut. Dirinya mengaku sedang memerangi kelompok-kelompok teroris, dan akan tetap melanjutkan agendanya ini. “Operasi kami bukan kudeta militer, dan bukan mengganggu upaya demokratisasi. Tujuan operasi kami jelas, yaitu mencerabut terorisme.”

Haftar dan rekan-rekannya adalah para perwira yang disingkirkan oleh Muammar Gadzafi 20 tahun yang lalu. Karena takut akan mengkudeta dirinya, Qadzafi pun menyingkirkan mereka. Mereka dipungut dan dibawa ke Amerika. Mereka tinggal di Amerika selama dua dekade di bawah jaminan keamanan militer Amerika. Pada saat terjadi gelombang revolusi Musim Semi Arab, mereka kembali ke Libya untuk melawan militer Qadzafi. (msa/dakwatuna/alhayat)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Anggota DPR AS: Trump Picu Kebencian pada Islam di Amerika

Figure
Organization