Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Membandingkan Kemampuan Dr. Mursi dan As-Sisi dalam Memimpin Mesir

Membandingkan Kemampuan Dr. Mursi dan As-Sisi dalam Memimpin Mesir

Abdul Fatah As-Sisi dan Dr. Muhammad Mursi (arrai)
Abdul Fatah As-Sisi dan Dr. Muhammad Mursi (arrai)

dakwatuna.com – Mesir. Sejumlah media elektronik Mesir menyebutkan tentang beredar luasnya di kalangan pengguna Facebook di negara tersebut potongan video wawancara Mursi dan As-Sisi, membandingkan kemampuan keduanya dalam mengatasi persoalan-persoalan mendesak yang dihadapi rakyat Mesir.

Dalam mengatasi krisis energi listrik, As-Sisi mengusulkan agar rakyat Mesir mengganti bola lampu di rumahnya dan mengurangi pemakaian listrik.

Sementara Dr. Mursi menjawab untuk mengatasi krisis energi listrik akan diupayakan sumber energi alernatif seperti pembangunan pusat listrik tenaga nuklir, yang diharapkan juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam mengatasi kesulitan ekonomi dan mahalnya barang kebutuhan pokok, As-Sisi meminta rakyat Mesir mengurangi porsi konsumsi roti (raghif atau ‘eisy) yang dikenal sebagai makanan pokok rakyat Mesir.

Sementara Dr. Mursi (pada masa kepemimpinannya) memerintahkan Menteri Urusan Logistik, Dr. Basim ‘Audah, untuk memperluas lahan pertanian dalam rangka meningkatkan produksi gandum dalam negeri dan mengurangi impor dari asing.

Dalam upaya mengurangi angka pengangguran, As-Sisi menjanjikan akan menghadiahkan 1.000 unit mobil untuk pemuda yang didorong untuk menjadi pedagang sayuran dengan menggunakan mobil hibah sebagaimana dimaksud.

Sementara Dr. Mursi mengupayakan peningkatan investasi asing dan lokal yang akan membuka lapangan kerja baru bagi pengangguran.

Dan tak kalah penting, terkait perjanjian damai Camp David antara Mesir dan Israel, As-Sisi menegaskan bahwa dirinya akan mempertahankan perjanjian tersebut dan berkoordinasi dengan Israel untuk menjaga perbatasan Mesir-Israel.

Sementara Dr. Mursi menegaskan bahwa sebagai negara yang disegani di Timur Tengah, Mesir akan menghormati berbagai perjanjian internasional yang ditandatanganinya, dengan syarat pihak lain yang ikut menandatangani perjanjian tersebut melakukan hal yang sama.

Dr. Mursi menegaskan tidak sepatutnya negara berpenduduk 5 juta (merujuk ke Israel) menakut-nakuti negara yang berpenduduk 90 juta jiwa (Mesir).

Dari berbagai perbandingan tersebut, para aktivis menyebutkan bahwa Dr. Mursi tampak jelas lebih unggul dibandingkan As-Sisi dari sisi intelektualitas dan konsep memimpin. (rassd/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization