Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Renovasi Rumah yang Hemat dan Cepat Menjelang Puasa?

Bagaimana Renovasi Rumah yang Hemat dan Cepat Menjelang Puasa?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

mustain depok - DISAIN 2 - VIEW 2dakwatuna.com

 

Pertanyaan :

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan Nadriasta di dakwatuna.com , saya ingin merenovasi rumah saya untuk persiapan Ramadhan tahun ini. Bagaimana caranya agar hemat dan cepat ? Hingga saat lebaran kami sudah menempati rumah kami kembali.

Data – data rumah terlampir dalam email. Kebutuhan lantai dasar adalah : Ruang tidur utama, ruang tamu, ruang makan, 1 kamar mandi, ruang keluarga, dapur , mushola dan carport untuk 1 mobil dan 1 motor.

Di atas kami ingin ada 2 ruang tidur anak, 1 kamar pelayan, ruang cuci jemur, 1 kamar mandi, ruang duduk dan balkon.

Pak Andan, kami sering ada pengajian di rumah. Untuk itu bagaimana caranya agar kenyamanan rumah tetap terjaga ?

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Musta’in – Depok

 

Jawaban :

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Musta’in di Depok beserta netters sekalian, budaya merenovasi rumah adalah budaya tradisional kita yang sampai hari ini masih berlangsung. Mulai dari mengecat rumah agar rumah nampak segar saat lebaran, hingga renovasi total hingga dapat menampung keluarga besar yang akan datang berkunjung.

Untuk kasus Pak Mus’tain memang cukup mepet waktunya. Karena renovasi nya cukup besar. Hingga saya harus membuat desain nya dengan baik dan cermat. Agar selesai sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

Untuk itu saya coba pertahankan pola service yang ada. Dapur dan kamar mandi di belakang saya pertahankan juga. Tangga lama yang membentang di tengah tetap saya pakai untuk akses lantai 2. Hingga bangunan baru di lantai satu hanyalah ruang tidur utama di depan dan ruang tamu yang memakan area taman lama.

Ruang tidur tengah menurut saya tidak memiliki cahaya. Jadi saya bongkar saja. Hingga ruang tengah menjadi lapang dan lega. Kesan rumah lama yang sempit menjadi berubah total.

Untuk lantai 2 saya hanya fokus pada area depan. Kamar tidur baru di depan tepat di atas ruang tamu. Lalu ruang duduk atau di perpustakaan ada di sampingnya. Hingga cor dak beton lantai 2 hanya area ini saja.

Selebihnya adalah re posisi ruang yang menyesuaikan dengan desain baru. Bagian belakang yang merupakan service area adalah hasil renovasi tembok lama. Kamar mandi juga hasil perbaikan kamar mandi lama yang terlalu besar.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Rumah lama yang terasa sempit kini berubah menjadi lapang. Carport mobil yang mepet kini menjadi lega dengan bergesernya pintu masuk. Pengajian menjadi semakin nyaman karena kini rumah memiliki 2 pintu masuk.

Netters sekalian, mari kita doakan Pak Musta’in, semoga rumah idaman yang beliau dambakan dapat segera terwujud. Semoga proses renovasi nya bisa selesai saat bulan puasa tiba. Minimal saat lebaran menjelang. Hingga keluarga dapat berkumpul dan bersilaturahim dengan nyaman.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

mustain depok - DISAIN 2 - denah awalmustain depok - DISAIN 2 - denah renovmustain depok - DISAIN 2 - VIEW 1mustain depok - DISAIN 2 - VIEW 2mustain depok - DISAIN 2 - VIEW 3mustain depok - DISAIN 2 - VIEW 4mustain depok - DISAIN 2 - VIEW 5mustain depok - DISAIN 2 - VIEW 6

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 9,90 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Dicky Chandra Kirana

    semoga rumah pak musta’in selesai di renov seblum lebaran tiba…

Lihat Juga

Di Ramadhan 1437 H, KNRP Salurkan Rp 12 Miliar untuk Rakyat Palestina