Home / Berita / Nasional / Survei PDB: Kenaikan Elektabilitas Prabowo Lebih Tinggi dari Jokowi

Survei PDB: Kenaikan Elektabilitas Prabowo Lebih Tinggi dari Jokowi

Capres Gerindra, Pabowo Subiyanto dan Capres PDI-P, Joko Widodo - Foto: rimannews.com
Capres Gerindra, Pabowo Subiyanto dan Capres PDI-P, Joko Widodo – Foto: rimannews.com

dakwatuna.com – Jakarta. Survei terakhir Pusat Data Bersatu (PDB) menunjukkan bahwa elektabilitas bakal calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi dan elektabilitas bakal capres Partai Gerindra Prabowo Subianto sama-sama mengalami peningkatan. Namun, kenaikannya disebut lebih tinggi pada Prabowo.

Hasil survei PDB bulan Maret 2014, Jokowi mendapatkan 29,8 persen suara. Hasil survei pada 24 April-2 Mei, elektabilitas Jokowi meningkat ke angka 36,7 persen. Adapun Prabowo pada survei Maret mendapatkan 11,6 persen suara. Angka itu naik menjadi 24,8 persen dalam survei kali ini.

“Elektabilitas Jokowi naik cukup lumayan, tapi prabowo meningkat pesat lebih dari dua kali lipatnya,” kata Peneliti PDB Agus Herta saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Rabu (14/5/2014) sebagaimana dikutip dari kompas.com

Agus memprediksi, kedepannya bukan tidak mungkin elektabilitas Prabowo bisa menyalip elektabilitas Jokowi.

“Pertumbuhan elektabilitas Prabowo sangat tinggi. Satu bulan kedepan belum bisa dipastikan siapa yang unggul. Tapi bukan tidak mungkin Prabowo dapat melampaui Jokowi,” ujarnya.

Selain Jokowi dan Prabowo, survei ini juga memasukkan tiga nama lainnya, yakni bakal capres Golkar Aburizal Bakrie, capres konvensi Demokrat Dahlan Iskan, dan politisi senior Golkar Jusuf Kalla. Namun, ketiga nama itu tidak mendapat suara signifikan. Kalla mendapat 6,3 persen, Dahlan Iskan 5,7 persen, dan Aburizal 2,8 persen. Sementara mereka yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 23,6 persen.

“Persaingan capres hanya ada di Prabowo dan Jokowi,” pungkas Agus.

Menurut PDB, survei ini dilakukan dengan wawancara melalui telepon. Jumlah sampel sebanyak 1200 orang yang dipilih secara acak sistematis dari buku telepon PT. Telkom, yang tersebar di 33 provinsi dan 170 kota di seluruh Indonesia. Margin of error plus minus 2,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 5,91 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi - Gedung KPK dengan spanduk besar "Berani Jujur Hebat". (thejakartapost.com)

Berdasarkan Survei, Publik Lebih Percaya KPK Ketimbang DPR