Home / Berita / Internasional / Eropa / NATO Siap Action

NATO Siap Action

NATO di Eropa (Aljazeera)
NATO di Eropa (Aljazeera)

dakwatuna.com – Kiev. Sekretaris jenderal NATO, Anders Fogh Rasmussen, menyatakan bahwa pihaknya siap bergerak jika merasa bahaya yang ditimbulkan perluasan Rusia di wilayah timur Ukraina semakin besar. Seperti diberitakan Aljazeera, Selasa (13/5/2014). Gerakan itu untuk menghentikan operasi yang saat ini dilakukan oleh militer Rusia. Apalagi saat ini, NATO belum melihat keseriusan penarikan pasukan seperti yang dijanjikan Putin.

Menanggapi hasil referendum 90% mendukung pisahnya wilayah timur Ukraina, Rasmussen menyatakan bahwa referendum yang dilakukan oleh kelompok separatis pro-Rusia adalah hal yang tidak dianggap keabsahannya. Selain dilakukan di luar hukum, pelaksanaannya juga tidak diawasi, dan menggunakan pertanyaan yang tidak jelas.

Menurutnya, satu-satunya alat demokrasi yang diakui adalah pemilu presiden yang akan dilaksanakan pada 25 Mei mendatang. Oleh karena itu, semua pihak harus turut menyukseskan perhelatan ini dengan cara yang teratur.

Terkait dengan tanggapan terhadap ancaman Rusia, Rasmussen mengatakan, “Kami mempertimbangkan langkah tambahan. Misalnya mengupdate strategi pertahanan yang sekarang sudah ada, menambah latihan, dan memikirkan untuk menyebarkan pasukan di front.” Namun demikian, Rasmussen menyatakan terlalu dini untuk menentukan waktu penyebaran pasukan tersebut, walaupun pihaknya tidak ragu-ragu lagi bergerak bila terasa ada bahaya. (msa/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

M Sofwan
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

(Video) Luar Biasa, Anak Kecil Ini Mampu Bicara Dengan 7 Bahasa