Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / 1384 Warga Sunni Ditangkap di Irak Sepanjang April

1384 Warga Sunni Ditangkap di Irak Sepanjang April

Aksi penangkapan di Irak (almurakeb-aliraqi.org)
Aksi penangkapan di Irak (almurakeb-aliraqi.org)

dakwatuna.com – Baghdad. Divisi HAM Lembaga Ulama Irak menekankan bahwa sebanyak 1384 warga telah ditangkap oleh pemerintah Nuri Al-Maliki. Jumlah itu ditangkap melalui 172 operasi penangkapan selama bulan April saja. Dalam operasi-operasi itu terdapat 146 kasus pembunuhan oleh militer pemerintah.

Dalam keterangan pers yang dirilis Lembaga Ulama Irak disebutkan bahwa penangkapan-penangkapan itu terjadi di 14 provinsi Irak, dan penahanannya tersebar di 324 tempat penahanan.

Namun demikian, Lembaga Ulama menerangkan bahwa angka yang sangat besar itu hanya meliputi kasus penangkapan yang diumumkan secara resmi oleh departemen dalam negeri dan departemen pertahanan. Belum meliputi penangkapan penangkapan yang dilakukan oleh departemen keamanan nasional dan biro-biro yang berada di bawah kendali langsung perdana menteri. Apalagi penangkapan yang dilakukan secara serampangan oleh milisi-milisi pendukung pemerintah Nuri Al-Maliki.

Lembaga Ulama menghimbau lembaga-lembaga HAM, organisasi dunia, Organisasi Kerja Sama Islam, Liga Arab, dan sebagainya untuk melakukan intervensi guna menghentikan pelanggaran HAM yang terus dilakukan oleh pemerintah Nuri Al-Maliki. Mengingat pemerintah Nuri Al-Maliki menerapkan politik diskriminasi etnis terhadap kelompok Sunni di Irak. (msa/dakwatuna/almoslim)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

PBB: Kematian Mursi Harus Diselidiki Secara Independen

Figure
Organization