Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Kecam Ulama, Tokoh Liberal Saudi Dipenjara dan Dicambuk 1000 kali

Kecam Ulama, Tokoh Liberal Saudi Dipenjara dan Dicambuk 1000 kali

Raef Badawi, Tokoh Jaringan Liberal Saudi - (Foto: middle-east-online.com)
Raef Badawi, Tokoh Jaringan Liberal Saudi – (Foto: middle-east-online.com)

dakwatuna.com – Arab Saudi.  Pendiri sebuah organisasi hak asasi manusia Arab Saudi, Raef Badawi dihukum penjara sepuluh tahun dan dicambuk 1.000 kali oleh pengadilan di Riyadh karena dianggap mengejek Islam. Raef Badawi juga di denda lebih US$250.000 atau Rp2,8 miliar.

Pengacaranya mengatakan hukuman ini terlalu keras meskipun pihak jaksa meminta hukuman yang lebih keras lagi, lapor situs internet Sabq.

Amnesty International menggambarkan keputusan pengadilan tersebut sebagai “berlebihan” dan mendesak penguasa untuk membatalkannya.

Bulan Juli 2013 Badawi dihukum tujuh tahun penjara dan 600 cambukan.

Tetapi pengadilan banding mengubah keputusan dan meminta pengadilan ulang.

Sebelum penahanannya di tahun 2012, organisasi Badawi -Jaringan Liberal Saudi- mendesak ditetapkannya hari liberalisme dan mengecam para ulama dan polisi keagamaan di situs internetnya.

Lewat situsnya ini Badawi mempertanyakan peran agama di kerajaan Islamis konservatif . Website juga memuat tulisan yang mengecam tokoh keagamaan senior seperti Grand Mufti Arab Saudi, lapor Human Rights Watch.

Sejak penahanan pertamanya, situs Badawi telah ditutup. Pemimpin jaringan saat ini, Suad al-Shamari, menuduh para ulama berada di belakang penghukuman Badawi. (bbc/sbb/dakwatuna)

 

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pesan Publik yang Dinilai Mengganggu Ketertiban Umum Didakwa 5 Tahun Penjara

Figure
Organization