Home / Berita / Internasional / Afrika / Syaikh Salafi: Shalat Istikharah untuk Mendukung As-Sisi Bathil dan Haram

Syaikh Salafi: Shalat Istikharah untuk Mendukung As-Sisi Bathil dan Haram

Tokoh Dakwah Salafiah, Syaikh Said Abdul Azhim (islammemo)
Tokoh Dakwah Salafiah, Syaikh Said Abdul Azhim (islammemo)

dakwatuna.com – Mesir. Salah seorang anggota Majlis Dakwah Salafiah Mesir, Syaikh Said Abdul Azhim, memfatwakan bahwa shalat istikharah yang dilakukan pimpinan Dakwah Salafiah dan Partai An-Nur sebelum mengumumkan dukungan untuk As-Sisi menjadi presiden tidak sah dan haram.

Menurutnya, Rasulullah Saw. mengajarkan shalat istikharah jika seseorang ragu terhadap suatu urusan yang belum jelas hukum wajib atau haramnya, seperti ragu untuk menentukan barang yang hendak diperdagangkannya, memilih naik pesawat atau kendaraan lain, dstnya.

Sementara memilih apakah akan ikut mengkudeta pemimpin yang sah atau tidak mendukung, tidak diperlukan shalat istikharah karena hukum hal tersebut sebagai pilihan yang haram sudah jelas.

Syaikh Abdul Azhim menjelaskan bahwa tidak perlu shalat istikharah untuk mendukung atau tidak mendukung seseorang (As-Sisi) yang secara jelas menolak negara syariat serta berkonspirasi dengan AS dan Israel untuk menjatuhkan presiden terpilih (Presiden Mursi) yang dikhawatirkan akan mendirikan negara Islam.

Lebih lanjut, Syaikh Abdul Azhim menegaskan bahwa mendukung pihak yang telah menumpahkan darah ribuan orang, berbuat zalim, menangkap puluhan ribuan orang, serta melarang para dai dan aktivitas dakwah hukumnya haram. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 9,18 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.
  • Fajar Muhammad Hasan

    ibarat shalat istikharah untuk makan babi atau tidak…

  • Wawan Irwanudinsyah

    kurang paham maksdnya…

    • Sejuki

      Maksudnya, buat apalagi sholat istikharah terhadap sesuatu yg sudah jelas hukum halal haramnya? Kudeta (menggulingkan Pemerintah yg sah hasil pilihan rakyat secara demokratis lewat pemilu) jelas hukumnya haram dalam Islam, apalagi kudeta dg dibarengi pembunuhan brutal dan penangkapan massal terhadap lawan-lawan politik. Kalo ingin merebut kekuasaan yg sah, rebutlah dg cara jentel juga, yaitu melalui pemilu yg sudah disepakati bersama (bukan dg cara kudeta brutal).

      Nah, sesuatu yg sudah jelas hukum halal haramnya, buat apalagi melakukan sholat istikharah utk mendukung atau tidak mendukung orang (Al Sisi) yg jelas-jelas sebagai otak kudeta dan pembunuhan massal tsb?

      Apakah sampai disini ente masih belum memahami juga apa yg dimaksud?

  • Bocah Ganteng

    oknum salafi Mesir mendukung As Sisi .. mirip di sini, Yazid Jawas yang meminta jangan usik2 Jokowi jd Capres, biarlah Ahok yan jadi Gubernur …. oknum ya

  • Jimmy Octavia

    Bagus bgt nih fatwa…Jelas & Terang…

Lihat Juga

Hadits (inet)

Orang-orang yang Dimurkai Allah