Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Jangan Bongkar Rumah Lama Anda

Jangan Bongkar Rumah Lama Anda

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan :

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, saya memiliki rumah di sudut jalan. Rencana nya ingin saya renovasi rumah tersebut. Data – data rumah asli saya email ke Pak Andan.

Rumah sudah merupakan bangunan 2 lantai. Namun tidak penuh. Hingga saya berencana membuat nya bangunan 2 lantai penuh. Namun tetap ada void hingga masih bisa berkomunikasi antara lantai atas dan lantai bawah.

Rencananya di atas saya ingin ada 3 kamar tidur anak, 1 ruang pembantu, gudang, ruang cuci jemur, ruang duduk, kamar mandi untuk anak, mandi untuk cuci dan balkon.

Untuk Lantai bawah saya ingin ada 1 kamar tidur utama yang besar dan 1 kamar tidur tamu. Lalu dapur, ruang keluarga, ruang makan, gudang, kamar mandi utama, kamar mandi umum ruang tamu dan carport untuk 1 atau 2 mobil.

Pak Andan, bisa tidak rumah lama saya tidak dibongkar ? Agar biaya yang ada bisa menjadi lebih hemat. Demikian pertanyaan kami. Terima kasih atas perhatian Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Jawaban :

Yuda – Bogor

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Yuda di Bogor, beserta segenap netters dakwatuna di manapun berada, semoga Allah memberi karunia kesehatan kepada kita semua. Hingga sisa umur yang Allah berikan kepada kita bisa dimanfaatkan untuk beribadah.

Netters sekalian, kini kita menyapa salah satu sahabat kita di Bogor. Pak Yuda ingin melakukan renovasi hemat dengan mencoba mempertahankan rumah lamanya. Hingga dana yang dikeluarkan tidak terlalu banyak.

Pada kasus – kasus serupa saya biasanya berusaha sebisa mungkin mempertahankan bangunan lama. Untuk itu kamar anak di depan yang saya jadikan kamar tidur utama. Caranya dengan menggabungkan keduanya menjadi satu.

Pada lantai dasar perubahan terbesar hanya kamar tidur utama. Selebihnya bangunan lama dan perbaikan interior yang tidak mahal. Membuat taman di dalam rumah dan kamar mandi ruang tidur utama.

Untuk lantai atas seluruh bangunan lama juga saya pertahankan. Hingga saya tinggal memasukkan 2 kamar tidur anak yang baru serta service area di bagian depan. Sekaligus celah void di samping yang memiliki akses ke taman kering di ruang bawah.

Alhamdulillah, secara prinsip umum desain ini dianggap sudah selesai. Segala puji bagi Allah yang telah memberi karunia ilmu kepada saya hingga desain hemat ini dapat terwujud. Tahap akhir adalah pembahasan atap. Seperti nampak pada gambar bird eye view atap, jelas terlihat pola atap lama dan pola atap baru.

Netters sekalian, di sinilah kunci dari hemat atau tidaknya sebuah desain. Jika bangunan lama terlalu banyak dibongkar, maka tentu saja biaya yang dikeluarkan akan menjadi mahal. Karena pekerjaan bongkar pasang nya menjadi terlalu banyak.

Pak Yuda menginginkan rumah lama jangan dibongkar. Saya dari awal justru selalu menyarankan kepada setiap klien renovasi rumah : ‘ Jangan bongkar rumah lama Anda ‘. Di sinilah repot nya kami para arsitek. Namun di sini pula tantangannya.

Namun sekali lagi saya bersyukur dan mengucap ‘alhamdulillah’ , karena desain renovasi hemat kita sudah ketemu polanya. Sudah terbayang konsepnya. Dan sudah tergambar secara jelas melalui pola 2 dimensi dan 3 dimensi yang saya tampilkan.

Demikian saja penjelasan dari saya. Semoga ada manfaatnya. Semoga Pak Yuda dilapangkan rezkinya , hingga rumah idaman ini dapat segera terwujud.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

berta yuda - cimanggis denah asliberta yuda - cimanggis denah renovasi lt.1berta yuda - cimanggis denah renovasi lt.2berta yuda - cimanggis view 1berta yuda - cimanggis view 2berta yuda - cimanggis view 11

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Indra Kelana

    Info yg bermanfaat, Ustad : )

Lihat Juga

FADLI DEPOK - KLASIK - MINIMALIS

Pilih Rumah Minimalis Atau Klasik?