Home / Berita / Internasional / Asia / Brunei, Negara Asia Tenggara Pertama yang Terapkan Hukum Islam

Brunei, Negara Asia Tenggara Pertama yang Terapkan Hukum Islam

Sultan Hasanal Bolkiah - (Foto: carabin.com)
Sultan Hasanal Bolkiah – (Foto: carabin.com)

dakwatuna.com – Brunei. Kesultanan Brunei pekan ini menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengenalkan hukum Islam kepada para pelaku kriminal.

Bekas protektorat Inggris memiliki pendapatan perkapita hampir 50.000 dolar AS ini menjadi negara Asia Tenggara pertama yang menerapkan hukum Islam dalam skala nasional.

Sultan Haji Hassanal Bolkiah (67) disebut-sebut menjadi lebih religius dengan mengumumkan penerapan syariah sebagai pencapaian agung.

Mulai hari Rabu ini warga negara negeri yang didominasi muslim Melayu akan menghadapi peradilan Islam, denda atau penjara jika melakukan perbuatan melawan hukum seperti hamil di luar nikah, tidak menunaikan shalat Jumat dan menyebarkan agama selain Islam.

Fase kedua hukuman akan diterapkan pada 12 bulan kemudian kepada para pencuri dan peminum alkohol dengan hukuman cambuk dan potong.

Hukuman mati, termasuk dengan dirajam, akan dikenalkan pada fase terakhir setahun kemudian untuk pelaku zina, sodomi dan menghina Alquran serta Nabi Muhammad.

Hukum syariah ini menurut kantor berita Reuters akan juga berlaku terhadap non muslim.  Dan ini menimbulkan keprihatinan dari para pekerja Barat di sektor perminyakan dan puluhan ribu etnis Tionghoa di Brunei serta 30.000 pekerja migran Filipina yang kebanyakan beragama Katolik.

Tokoh-tokoh Barat termasuk pembawa acara Ellen DeGeneres dan aktor Inggris Stephen Fry mengecam inisiatif Brunei ini. DeGeneres dan Fry bahkan menyerukan boikot terhadap sebuah hotel milik Sultan.

Para cendikia muslim Brunei menjamin sistem ini tak akan mengantarkan negeri ini kepada ekstremisme.

“Tak akan sembarang memotong, merajam atau mencambuk.  Ada syarat-syaratnya dan metode-metode yang adil,” kata pakar syariah Awang Abdul Aziz.

Brunei menerapkan hukum Islam demi memberantas kejahatan di mana pada 2000-2008 meningkat sampai sepertiga, sedangkan penangkapan orang karena kejahatan narkotika naik 50 persen tahun lalu dibandingkan tahun 2012, demikian Reuters. (antara/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (50 votes, average: 8,68 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Taufiqurrahman Zaini Gaunk

    orang barat kan tidak ada aturan jadi wajar dia menentang….

  • Arif

    Mereka takut mungkin karena mereka bersalah.

  • Wahyuddin

    Subhanallah….allah selalu menyertai kita jika kita menegakan perintahnya…aamiin

  • Eko Setiawan

    Subhanallah…… Allaahu akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar……

  • Ratie Hanifah

    Allaahu Akbar…. Semoga menambah Barokah dan keselamatan bagi negara Brunei, Biar Indonesia juga ketularan barokahnya. amiin….

  • nurfadillah

    subhanallah………. alhamdulillah akhirnya ada negara yang menerapkan hukum islam,

  • Albar Hersa Al-fajri

    ini baru yang namanya pemimpin, bukan kayak Indonesia yang selalu tunduk sama HAM dan orang barat, terutama amerika inggris prancis dan Australia,, pemimpinnya pada pengecut..
    kalau di Indonesia ada pemimpin dan ulama yang seperti ini saya orang nomor satu yang akan memilih dia di PEMILU…

  • dikecam?
    apa urusan Loe?

  • destin

    subhanallah… ^^

  • agustini

    Masha Allah

  • Ahmad Luthfi Tsulatsi

    semoga indonesia segera menyusul

  • mushtafa

    subhanallah, Allohu Akbar
    kita tunggu komentar dari Prsiden SBY
    apa kata beliau, apakan menyampaikan dukungannya, apa ikut prihatin danmengecam seperti BaRat ato bahkan diam ketakutan ?
    kita tunggu saja

  • Go To Khilafah

    semoga Brunei menjadi pintu kebangkitan negara yang mayoritas penduduknya Islam dengan di terapkannya syariat Islam secara kaffah di setiap negara yang mayoritas umat Islam. amiin yaa Allah yaa rabbal alamin.

  • Nurul Kusumastuti

    Orang barat siapa loe mengecam…negara nenek moyang loe…., justru inilah hukum yang benar….dunia seisinya ini milik Allah…kalau dijalankan dengan aturan Allah dah semestinya, semoga makin berkah Brunei…terimakasih Ya Allah engkau bukakan sultan Bolkiah dan pendukungnya…,Andai Indonesia mengikuti jejak langkahnya.

  • chandra haryadi

    allahu akbar……