Home / Berita / Internasional / Afrika / Pertikaian Muslim-Koptik Menguat di Mesir Setelah Kudeta Junta Militer

Pertikaian Muslim-Koptik Menguat di Mesir Setelah Kudeta Junta Militer

Pertikaian bersenjata Muslim-Koptik di Mesir (islammemo)
Pertikaian bersenjata Muslim-Koptik di Mesir (islammemo)

dakwatuna.com – Mesir. Pertikaian bersenjata Muslim-Koptik kembali terjadi di Provinsi Asyut pada Sabtu pagi waktu Mesir (26/4), yang menyebabkan 10 orang luka-luka.

Pertikaian tersebut kelanjutan pertengkaran seorang sopir angkot warga Muslim bernama Thariq Al-Sayid yang secara tidak sengaja menabrak dan menggores dinding toko milik warga Koptik bernama Ibrahim Danial sewaktu memundurkan mobilnya (24/6).

Upaya perdamaian di rumah salah satu pihak yang bertengkar pada Sabtu pagi (26/4) gagal dan berubah menjadi ajang perkelahian dengan menggunakan senjata tajam dan senapan angin.

Akibat kejadian tersebut, 10 orang dari kedua pihak terluka, dan polisi kemudian menangkap 10 orang lainnya atas tuduhan kerusuhan dan kepemilikan senjata secara ilegal.

Permusuhan dan perkelahian massal bernuansa agama kerap terjadi belakangan ini di Mesir, khususnya setelah kudeta junta militer, hanya disebabkan persoalan sepele.

Satu orang tewas dan belasan lagi luka-luka pada 19 April lalu di Cairo, setelah perkelahian massal Muslim dan Koptik yang terjadi hanya karena mobil salah satu pihak tergores oleh pihak lainnya.

Sejumlah pihak menilai, ketegangan hubungan Muslim-Kristen Koptik di Mesir belakangan ini disebabkan oleh Gereja Koptik yang terang-terangan mendukung kudeta junta militer terhadap Presiden Mursi. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Penyebutan Kata “Mesir” di Dalam Al-Quran