Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Lanjutkan Bangun Dam Renaissance, Ethiopia Siap Hadapi Mesir

Lanjutkan Bangun Dam Renaissance, Ethiopia Siap Hadapi Mesir

Pembangunan dam raksasa Renaissance di Ethiopia (islammemo)
Pembangunan dam raksasa Renaissance di Ethiopia (islammemo)

dakwatuna.com – Ethiopia. Pemerintah Ethiopia menyatakan bahwa pihaknya siap ‘pasang badan’ menghadapi penentangan Mesir terhadap pembangunan dam raksasa ‘Renaissance’ yang telah berjalan sekitar 32%.

Dalam pidatonya di depan Parlemen Ethiopia di Addis Ababa (24/4), PM Ethiopia, Haile Mariam Dessalines, menegaskan bahwa Ethiopia sanggup mengatasi upaya Mesir untuk menggagalkan pembangunan dam tersebut, meskipun dengan membawanya ke mahkamah internasional.

Pembangunan dam Renaissance terhadap salah satu hulu Sungai Nil di Ethiopia yang dimulai sejak tahun lalu berulang kali mendapatkan penentangan keras Mesir karena dinilai akan mengurangi jatah debit air untuk Mesir dari sungai terpanjang di dunia tersebut.

Mesir juga beralasan, pembangunan dam Ethiopia akan mempengaruhi kemampuan dam Mesir di Aswan dalam menghasilkan energi listrik, yang tentu memperburuk krisis listrik di Mesir saat ini.

Pemutusan listrik akibat krisis terus berlanjut hingga kini oleh pemerintah kudeta di Mesir, meskipun hal itu dijadikan salah satu alasan untuk menjatuhkan Presiden Mursi sepuluh bulan yang lalu. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization