Home / Berita / Internasional / Asia / Pertama Kalinya Sejak 2007, PLO Berkunjung ke Jalur Gaza

Pertama Kalinya Sejak 2007, PLO Berkunjung ke Jalur Gaza

Delegasi PLO disambut Ismail Haniyah (falaqnews)
Delegasi PLO disambut Ismail Haniyah (falaqnews)

dakwatuna.com – Mesir. Delegasi PLO telah berada di Jalur Gaza dalam rangka menyukseskan perundingan rekonsiliasi dengan Hamas dan menjajaki pembentukan pemerintahan koalisi, setelah bertikai lama sekitar 8 tahun pasca-kemenangan Hamas pada Pemilu Legislatif Palestina, 2006.

Kunjungan Delegasi PLO ke wilayah yang berbatasan langsung dengan Mesir tersebut merupakan yang pertama sejak pertikaian dengan Hamas memuncak pada tahun 2007.

Anggota Delegasi terdiri dari Azzam Al-Ahmad (Fatah), Jamil Syahadah (Front Arab Palestina), Mustafa Al-Bargoutsi (anggota Parlemen dari independen), Bassam As-Shalihi (Partai Rakyat Palestina), dan Munib Al-Masry (pengusaha).

Sejauh ini, pihak Hamas memprediksikan akan tercapainya rekonsiliasi antar-faksi Palestina, khususnya antara Hamas dan Fatah, setelah pertikaian lama kedua kelompok tersebut yang menyandera perjuangan rakyat Palestina menentang penjajahan Israel.

Perundingan rekonsiliasi antar-faksi Palestina di Jalur Gaza hampir bersamaan dengan pertemuan antara PLO dan Israel di Al-Quds untuk memperpanjang masa perundingan damai kedua belah pihak yang sebelumnya dibatasi hingga 29 April ini.

Beberapa waktu lalu, Hamas telah meminta PLO dan Fatah untuk menghentikan perundingan damainya dengan Israel agar mendukung dan menyukseskan rekonsialiasi internal rakyat Palestina. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Pangeran Turky Al-Faishal (aljazeera.net)

Hamas Bantah Pernyataan Al-Amir Turky Al-Faishal

Organization