Home / Berita / Nasional / RUU JPH, Kemenag dan MUI Sepakati Pembagian Tugas Sertifikasi Halal

RUU JPH, Kemenag dan MUI Sepakati Pembagian Tugas Sertifikasi Halal

Pameran Produk Halal (ilustrasi) - Foto: republika.co.id
Pameran Produk Halal (ilustrasi) – Foto: republika.co.id

dakwatuna.com – Jakarta. Akhir dari kesepakatan Kementerian Agama (Kemenag) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Jaminan Produk Halal (JPH) mulai menemukan titik temu. Dalam pertemuan terbatas MUI dan Kemenag, Senin (21/4) mulai mendekati kesepakatan beberapa  poin dalam penyelesaian kesepahaman bersama terkait RUU JPH.

Ketua Umum MUI Bidang Ekonomi Umat Anwar Abbas mengungkapkan setidaknya ada beberapa poin yang mulai menemukan titik temu terkait kewenangan antara MUI dan Kemenag. “Sudah kita tawarkan ke pemerintah,” ujarnya. Ia menjelaskan untuk kewenangan, MUI menawarkan tidak ada perubahan.

Yakni sertifikasi halal, meliputi penetapan standar halal, pemeriksaan produk penetapan fatwa dan menerbitkan sertifikasi halal. Sedangkan untuk kewenangan pemerintah dalam hal ini Kemenag, diantaranya penerbitan nomor registrasi halal, pengaturan label halal pada kemasan produk halal.

Kemudian, kata dia, kewenangan pemerintah juga pengawasan produk yang beredar, pengawasan produsen produk halal. Selain itu pembinaan, sosialisasi, komunikasi dan penyadaran kepada masyarakat juga masuk dalam kewenangan pemerintah. Termasuk pengawasan atau penyediaan sarana dan prasarana fisik yang berkaitan dengan penyelenggaraan JPH.

“Penyelenggaraan kerjasama perdagangan produk halal dengan luar negeri, law enforcement, alokasi anggaran produk halal di APBN/APBD dan peran lain yang belum diatur juga masuk dalam kewenangan pemerintah,” ujarnya.

Ketua Umum MUI Din Syamsuddin mengungkapkan, beberapa poin tersebut adalah rangkaian hasil pembahasan yang sudah dilakukan bersama MUI dan Kemenag. “Poin-poin itu tahapan yang telah kita lalui, sedikit lagi selesai,” ujarnya. (ROL/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

SNH: Lamban Tangani Kasus Penistaan, Polisi Diujung Tanduk