Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / 500 Orang Mengungsi dari Bossangoa, Warga Muslim Pun Habis

500 Orang Mengungsi dari Bossangoa, Warga Muslim Pun Habis

Pengungsi Afrika Tengah di Chad (unhcr.org)
Pengungsi Afrika Tengah di Chad (unhcr.org)

dakwatuna.com – Bangui. Aksi kekerasan milisi-milisi Kristen terhadap warga Muslim di Afrika Tengah masih berlangsung. Warga Kristen adalah penduduk mayoritas, sedangkan warga Muslim adalah penduduk minoritas. Kebanyakan warga Muslim terpaksa mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Kamerun, Kongo dan Chad.

Dikabarkan, warga Muslim di wilayah Bossangoa telah habis. Sekitar 500 warga telah diungsikan ke Chad di bawah pengawalan pasukan pemelihara perdamaian Uni Afrika. Dengan demikian, warga Muslim di wilayah itu telah habis. Padahal beberapa bulan sebelumnya warga Muslim di Bossangoa berjumlah 10 ribu jiwa.

Sementara itu, di kota Buda yang terletak 200 km sebelah selatan ibukota Bangui, sebanyak 14 ribu warga Muslim tidak bisa meninggalkan wilayah mereka. Dikhawatirkan milisi-milisi Kristen akan menyerang mereka dalam perjalanan mengungsi. Walaupun milisi-milisi tersebut telah berjanji tidak akan menyentuh mereka, tapi warga Muslim tidak percaya begitu saja dengan janji mereka. Mereka lebih memilih melindungi diri di kota.

Tercatat dalam daftar UNHCR, saat ini pengungsi Afrika Tengah di Kamerun mencapai 130 ribu pengungsi, di Chad 70 ribu pengungsi, dan di Kongo 60 ribu pengungsi. (msa/dakwatuna/alukah)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Tujuh Kompleks Pengungsi Sulteng Diresmikan ACT

Figure
Organization