Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Desain Rumah Islami, Cantik dan Sesuai Syariah

Desain Rumah Islami, Cantik dan Sesuai Syariah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust Andan Nadriasta di dakwatuna, semoga Allah memberikan kesehatan hingga jawaban – jawaban yang bermanfaat dapat kami dapatkan. Semoga dakwatuna dapat senantiasa memberikan informasi yang menyejukkan.

Ust. Andan, saya memiliki tanah melebar. Bagian depannya 9 meter dan ke belakang 7,5 meter. Saya ingin membangun rumah 2 lantai dengan kebutuhan ruang sebagai berikut :

Di bawah ingin ada 1 ruang tidur, ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, kamar mandi dan 1 parkir mobil.

Untuk lantai atas saya ingin ada 3 kamar tidur. Dimana salah satunya adalah ruang tidur utama dengan wc di dalam. Ruang cuci jemur, balkon dan ruang duduk.

Jalan di depan rumah hanya cukup untuk satu mobil. Bagaimana desainnya agar nampak Islami ? Karena saya ingin rumah tinggal yang cantik dan sesuai syariah pula.

Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Eko – Bogor

 

Jawab:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Eko di Bogor, terima kasih atas akses nya ke dakwatuna. Terima kasih pula atas doanya. Semoga Pak Eko diberi kelapangan rezki agar rumah idaman yang sesuai dengan syariah dan modern ini dapat segera dibangun.

Pak Eko dan netters dakwatuna sekalian, untuk membuat rumah Islami ada beberapa kaidah yang harus kita perhatikan. Untuk itu penjelasan kaidah tersebut langsung saja pada keterangan teknis tiap ruang yang akan saya rinci satu persatu.

Kaidah yang paling utama jelas ruang tamu. Karena area ini adalah area publik yang penataannya tidak boleh mengganggu area private keluarga. Privacy keluarga harus tetap terjaga dengan membuat pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga / ruang makan.

Kamar mandi di lantai 1 juga harus mudah dijangkau dari semua arah. Hingga jika ada tamu yang ingin menggunakannya tidak mengganggu keluarga. Masing – masing area harus tetap nyaman.

Ruang tengah yang menjadi jantung ruangan saya buat lapang. Ruang makan dan ruang keluarga menyatu bersama taman kering di belakang rumah. Kenyamanan ini semakin baik dengan dekatnya dapur dan ruang makan. Hingga kita bisa membuat pantry sebagai ruang perantara nya.

Carport saya letakkan di kanan. Dengan 2 variasi tampilan dapur sebagai akses service. Jika ingin dapur lebih lega dan lapang, maka pintu masuk dapur langsung menghadap carport. Namun jika ingin dapur memiliki privacy yang lebih baik maka pintu masuk dibuat menyamping. Hingga kita bisa memiliki teras dapur yang berguna buat menyimpan sepeda atau kegiatan tambahan dapur.

Setelah puas kita bicarakan lantai 1, kini kita beralih ke lantai 2. Master bed room dengan kamar mandi dalam nya. Lalu 2 ruang lainnya saya letakkan di depan dan belakang. Dengan pola ini saya bisa menyelipkan ruang cuci jemur di antaranya.

Ruang cuci jemur yang merupakan area aurat kita menjadi tetap terjaga. Tidak nampak dari luar. Namun kegiatan service area tetap nyaman karena ada atap transparan yang mencegah hujan masuk. Lalu tangki air di dek beton belakang membuat akses perawatan ke atap menjadi mudah. Hawa juga dapat masuk dengan leluasa dari area ini.

Ruang duduk di atas juga tetap nyaman. Karena masih cukup untuk meletakkan TV dan memiliki akses yang baik. Void tangga membuat ruang ini menjadi lapang. Akses ke balkon juga membuat ruang ini bertambah lega dan terang.

Alhamdulillah , selesai sudah desain kita kali ini. Semburat warna merah dan perpaduan warna pastel lembut membuat rumah ini tampil modern. Dengan tiang huruf L dan railing balkon kaca yang transparan. Diiringi pola desain atap pet beton di bagian muka rumah serta jendela lantai 2, rumah ini tampil semakin indah dan menawan.

Semoga netters dakwatuna dapat mengambil manfaatnya terhadap penjelasan desain yang saya berikan. Silakan kontak via email saya jika ada yang ingin di konsultasi kan.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

rumah minimalis 2 lantai - denahrumah minimalis 2 lantai - view 1rumah minimalis 2 lantai - view 2rumah minimalis 2 lantai - view 3rumah minimalis 2 lantai - view 4rumah minimalis 2 lantai - view 5rumah minimalis 2 lantai - view 6rumah minimalis 2 lantai - view 7

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (51 votes, average: 9,51 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.
  • Natina Azha

    tempat sholat/mushola keluarganya kog gag ada

    • Rahman Abe

      bagi laki-laki shalat di masjid, bagi perempuan shalat di kamar masing2 mbk

      • Dicky Chandra Kirana

        setuju..laki laki sholat wajib di masjid.. jadi ga perlu mushola secara khusus di rumah..apalagi kalo rumah nya sempit….

        • Ajund Sii Unned

          settuju…

          • Faris Ridwan

            ya..setuju..

  • andan arsitek

    jazakillah atas inputnya, saya membuat desain rumah nya sesuai dengan kebutuhan yg diminta oleh penanya…karena mushola tidak diminta..maka tidak saya buat ruang mushola secara khusus…selain itu juga karena keterbatasan lahan..

  • Ayon Kodar

    alhamdulillah …. syukron tadz …. mohon kalau bisa di serta kan juga RAB, dan daftar analisa pekerjaannya … syukron …

    • andan arsitek

      jazakallah atas perhatiannya…afwan..mohon maaf sekali…RAB dan draft analisa kerja agak berat jika di tampilkan…karena membuat nya juga lama….jadi file ini biasanya jika gambar yang ada sudah di setujui untuk di realisasikan…

  • Joko Handoyo

    mantapp

  • Ajund Sii Unned

    subhanallah…

  • Dicky Chandra Kirana

    cantik dan sesuai syariah…keren…

  • Hru Setya R. Soekardi

    Benar2 suatu innovasi ustadz andan dalam berkreasi yang sesuai dengan persyaratan islam… lanjutkan terus kreasi2 rumah2 islaminya akhtunna Andan, semoga Allah selalu memberika keberkahanNya bagi antum dan keluarga… ana sebagai sahabat perjuangan antum dulu selalu mendukung dan mendoakan antum dan keluarga… salam hormat untuk bapak juga ibu antum akh… wassalam

  • Sandhi Arch

    mantap…desain ini bisa menjadi tambahan inspirasi bagi keluarga muslim..

  • Mohd Hisham

    Memang terbaik so far syariah compliance. semoga sukses mas andan. Design untuk rumah di Johor masih belum di realisasikan lagi. Doain agar berhasil inshaAllah.

    • Faris Ridwan

      insya Allah…

    • andan arsitek

      rindu sangat nak jumpa pak ute..salam buat keluarga di kulai johor sana…semoga Allah beri kesempatan kembali untuk silaturahim ke johor…

  • Indra Kelana

    Terimakasih penjelasannya pak Andan.

    • andan arsitek

      terima kasih juga atas akses nya Pak Indra kelana

  • Faris Ridwan

    subhanallah wal alhamdulillah

  • Hyonda ARio Zethow

    maaf…kenapa nggak ada ruang sholatnya ya?

    • andan arsitek

      jazakallah atas atensi nya..dalam draft permintaan tidak ada ruang sholat..lalu tanah nya juga sangat kecil ..hanya 7,5 x 9 m ( 67,5 m2 )..hingga saya fokus pada pemisahan zona area private dan publik…dg keadaan ini ruang sholat keluarga bisa di r keluarga..untuk tamu bisa di ruang tamu..tidak ideal memang…krn harus beradaptasi dengan realita lapangan…

  • Aries Muhajir

    wah..rumah islami nya cantik… semoga bermanfaat ilmu nya..

  • Pram

    Subhanalloh, ini namanya little sweety

  • Sri Fatimah

    Kapan ya punya rumah idaman seperti ini, hhe :)
    Nice :)

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Rumah Impian

Organization