Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Desain Rumah Islami, Cantik dan Sesuai Syariah

Desain Rumah Islami, Cantik dan Sesuai Syariah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Ust Andan Nadriasta di dakwatuna, semoga Allah memberikan kesehatan hingga jawaban – jawaban yang bermanfaat dapat kami dapatkan. Semoga dakwatuna dapat senantiasa memberikan informasi yang menyejukkan.

Ust. Andan, saya memiliki tanah melebar. Bagian depannya 9 meter dan ke belakang 7,5 meter. Saya ingin membangun rumah 2 lantai dengan kebutuhan ruang sebagai berikut :

Di bawah ingin ada 1 ruang tidur, ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, kamar mandi dan 1 parkir mobil.

Untuk lantai atas saya ingin ada 3 kamar tidur. Dimana salah satunya adalah ruang tidur utama dengan wc di dalam. Ruang cuci jemur, balkon dan ruang duduk.

Jalan di depan rumah hanya cukup untuk satu mobil. Bagaimana desainnya agar nampak Islami ? Karena saya ingin rumah tinggal yang cantik dan sesuai syariah pula.

Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Eko – Bogor

 

Jawab:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Eko di Bogor, terima kasih atas akses nya ke dakwatuna. Terima kasih pula atas doanya. Semoga Pak Eko diberi kelapangan rezki agar rumah idaman yang sesuai dengan syariah dan modern ini dapat segera dibangun.

Pak Eko dan netters dakwatuna sekalian, untuk membuat rumah Islami ada beberapa kaidah yang harus kita perhatikan. Untuk itu penjelasan kaidah tersebut langsung saja pada keterangan teknis tiap ruang yang akan saya rinci satu persatu.

Kaidah yang paling utama jelas ruang tamu. Karena area ini adalah area publik yang penataannya tidak boleh mengganggu area private keluarga. Privacy keluarga harus tetap terjaga dengan membuat pembatas antara ruang tamu dan ruang keluarga / ruang makan.

Kamar mandi di lantai 1 juga harus mudah dijangkau dari semua arah. Hingga jika ada tamu yang ingin menggunakannya tidak mengganggu keluarga. Masing – masing area harus tetap nyaman.

Ruang tengah yang menjadi jantung ruangan saya buat lapang. Ruang makan dan ruang keluarga menyatu bersama taman kering di belakang rumah. Kenyamanan ini semakin baik dengan dekatnya dapur dan ruang makan. Hingga kita bisa membuat pantry sebagai ruang perantara nya.

Carport saya letakkan di kanan. Dengan 2 variasi tampilan dapur sebagai akses service. Jika ingin dapur lebih lega dan lapang, maka pintu masuk dapur langsung menghadap carport. Namun jika ingin dapur memiliki privacy yang lebih baik maka pintu masuk dibuat menyamping. Hingga kita bisa memiliki teras dapur yang berguna buat menyimpan sepeda atau kegiatan tambahan dapur.

Setelah puas kita bicarakan lantai 1, kini kita beralih ke lantai 2. Master bed room dengan kamar mandi dalam nya. Lalu 2 ruang lainnya saya letakkan di depan dan belakang. Dengan pola ini saya bisa menyelipkan ruang cuci jemur di antaranya.

Ruang cuci jemur yang merupakan area aurat kita menjadi tetap terjaga. Tidak nampak dari luar. Namun kegiatan service area tetap nyaman karena ada atap transparan yang mencegah hujan masuk. Lalu tangki air di dek beton belakang membuat akses perawatan ke atap menjadi mudah. Hawa juga dapat masuk dengan leluasa dari area ini.

Ruang duduk di atas juga tetap nyaman. Karena masih cukup untuk meletakkan TV dan memiliki akses yang baik. Void tangga membuat ruang ini menjadi lapang. Akses ke balkon juga membuat ruang ini bertambah lega dan terang.

Alhamdulillah , selesai sudah desain kita kali ini. Semburat warna merah dan perpaduan warna pastel lembut membuat rumah ini tampil modern. Dengan tiang huruf L dan railing balkon kaca yang transparan. Diiringi pola desain atap pet beton di bagian muka rumah serta jendela lantai 2, rumah ini tampil semakin indah dan menawan.

Semoga netters dakwatuna dapat mengambil manfaatnya terhadap penjelasan desain yang saya berikan. Silakan kontak via email saya jika ada yang ingin di konsultasi kan.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

rumah minimalis 2 lantai - denahrumah minimalis 2 lantai - view 1rumah minimalis 2 lantai - view 2rumah minimalis 2 lantai - view 3rumah minimalis 2 lantai - view 4rumah minimalis 2 lantai - view 5rumah minimalis 2 lantai - view 6rumah minimalis 2 lantai - view 7

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Mencintai Diri Sendiri

Figure
Organization