Home / Berita / Nasional / KPU: Hasil Resmi Pemilu Legislatif Ditetapkan 9 Mei

KPU: Hasil Resmi Pemilu Legislatif Ditetapkan 9 Mei

Ilustrasi - Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. (kpu.go.id)
Ilustrasi – Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. (kpu.go.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Berbagai lembaga survei telah merilis hasil hitung cepat Pemilu legislatif pada 9 April. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri baru akan menetapkan hasil penghitungan resmi Pemilu legislatif pada 9 Mei mendatang.

“(Hasil pemilu legislatif) ditetapkan tanggal 9 Mei,” kata ketua KPU Husni Kamil Manik dalam pesan singkat, Rabu (16/4/2014).

Husni memerinci KPU melakukan proses rekapitulasi secara berjenjang. Setelah pemungutan dan penghitungan suara pada 9 April di TPS, selanjutnya rekapitulasi 10-15 April di PPS, rekap di PPK 16-17 April, rekap di kab/kota 18-21 April, rekap provinsi 22-25 April, dan terakhir rekapitulasi nasional 26 April-6 Mei. “Ditetapkan tanggal 9 Mei,” ucapnya.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menambahkan hasil quick count adalah bukan hasil resmi. “Jadi masyarakat harus tetap menunggu hasil resmi dari KPU,” tegasnya.

Terkait pemungutan suara ulang, Ferry menjamin hal itu tidak akan sampai mengganggu rekapitulasi di tingkat provinsi maupun KPU RI. “Pasal 222 Undang-Undang 8 tahun 2012, pemungutan suara ulang (paling lambat) 10 hari setelah hari H,” jelasnya. (detik/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Donald Trump. (rt)

Trump Tak Sesali Pernyataan Rasisnya Tentang Umat Islam