Home / Berita / Internasional / Asia / Pileg 2014, Tingkat Partisipasi Pemilih di New Delhi Capai 70 persen

Pileg 2014, Tingkat Partisipasi Pemilih di New Delhi Capai 70 persen

Penghitungan dan rekapitulasi di KBRI New Delhi - (Foto: Edy Wardoyo/KBRI New Delhi)
Penghitungan dan rekapitulasi di KBRI New Delhi – (Foto: Edy Wardoyo/KBRI New Delhi)

dakwatuna.com – New Delhi.  Tingkat partisipasi pemilih di New Delhi pada pemilu legislatif 2014 cukup tinggi, yaitu sekitar 70 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Dari hasil rekapitulasi suara pemilih di TPS dan via pos, tingkat partisipasi pemilih di New Delhi cukup tinggi yakni sebanyak 70 persen dari total keseluruhan DPT di New Delhi sebanyak 314 orang” ujar Dubes RI, Rizali Indrakesuma, yang hadir pada acara penghitungan dan rekapitulasi di KBRI New Delhi, sebagaimana rillis yang diterima redaksi dakwatuna.

Dubes RI juga menghargai upaya keras yang telah dilakukan PPLN New Delhi dalam memfasilitasi seluruh warga Indonesia yang memiliki antusias besar dalam mengikuti Pemilu legislatif, termasuk kepada para pemain bulutangkis Indonesia yang berlaga di India Open.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) raih suara terbanyak pada penghitungan suara pemilihan legislatif (pileg) melalui pos yang dilakukan oleh PPLN New Delhi pada 14 April 2014.  PKS meraup 14 suara dari total 55 surat suara atau 25,5 persen suara pemilih. Sementara perolehan suara partai lain seperti Nasdem dan Demokrat sama-sama mengantongi 11 suara dan PDIP serta Bulan Bintang masing-masing menerima 5 dan 4 suara. Hanura menjadi satu-satunya partai yang tidak mendapat suara sama sekali. Pengiriman surat suara melalui pos telah dilakukan 10 hari sebelum pelaksanaan Pemilu tanggal 9 April 2014 kepada warga Indonesia yang bertempat tinggal di luar kota New Delhi.

Urutan lengkap perolehan suara pada pileg via pos PPLN New Delhi adalah PKS (14), Nasdem (11), Demokrat (11), PDIP (5), PBB (4), PAN (3), PKB (2), Golkar (2), Gerindra (1), PPP (1), dan PKPI (1).

Dari hasil akhir penghitungan surat suara melalui pos yang masuk dalam Dapil Jakarta II tersebut, caleg yang menempati urutan teratas di New Delhi dan sekitarnya adalah Hidayat Nur Wahid dari PKS. Kemudian di posisi kedua hingga keempat diraih oleh tiga caleg Nasional Demokrat yakni Diennaryati Tjokrosuprihartono, Muhammad Rais dan Destina Lestari yang masing-masing memperoleh 2 suara.

Hasil akhir pemilu 2014 yang dilakukan di KBRI New Delhi menempatkan PDIP diurutan pertama dengan 70 suara, disusul PKS sebanyak 43 suara dan Partai Demokrat dengan 20 suara. (sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Media Timur Tengah: Partai Islam di Indonesia Tetap Kuat dalam Pemilu 2014