Home / Berita / Nasional / Pengamat: Rhoma Irama Effect Berhasil Dongkrak Suara PKB

Pengamat: Rhoma Irama Effect Berhasil Dongkrak Suara PKB

Munculnya Rhoma Irama dalam kampanye PKB berhasil menggaet massa untuk memilih PKB (inet) - viva.co.id
Munculnya Rhoma Irama dalam kampanye PKB berhasil menggaet massa untuk memilih PKB (inet) – viva.co.id

dakwatuna.com – Jakarta.  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) layak bergembira karena mendapat perolehan suara dengan kenaikan hampir 100 persen dibandingkan Pemilu 2009. Hal ini diyakini berkat kemunculan Rhoma Irama di sejumlah arena kampanye sebagai sosok capres yang diusung PKB.

Hasil quick count atau hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mencatat PKB mendapat perolehan suata 9,07%. Perolehan ini jauh lebih besar dibanding Pemilu 2009 yang hanya berhasil meraih suara 5,40%.

Peneliti LSI, Rully Akbar menyebut fenomena ini sebagai Rhoma Irama effect. Menurutnya, meski kehadiran Sang Raja Dangdut tak begitu diterima di kalangan elite, kalangan bawah sangat menyambut baik kehadiran Rhoma Irama yang sangat dikenal dengan lagu-lagu dangdut berlirik dakwah itu.

“Walaupun belum diterima di kalangan elite, Rhoma Irama turun ke publik untuk mengingatkan dan menggaet suara masyarakat,” kata Rully di kantonya, Rabu (9/4/2014).

Selain Rhoma Irama, PKB juga sempat memunculkan nama Mahfud MD dan Jusuf Kalla sebagai calon presiden lain yang akan ditawarkan pada publik. Menurut Rully, langkah ini juga semakin mencuri perhatian publik kepada PKB.

“Apalagi setelah Ketua PBNU Said Aqil Sirajd menyatakan diri mendukung penuh PKB dalam Pemilu 2014 ini. Jadi suara NU sebagai basis PKB semakin kuat,” tandasnya. (liputan6/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (4 votes, average: 4,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Selahattin Demirtaş, ketua HDP. (anadolu)

HDP Kehilangan Satu Juta Suaranya Pada Pemilu Kemarin