Home / Berita / Nasional / 1.335 WNI di Yaman Gunakan Hak Pilih

1.335 WNI di Yaman Gunakan Hak Pilih

Suasana pemilu di kedubes Yaman - Foto: detik.com
Suasana pemilu di kedubes Yaman – Foto: detik.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Kondisi Yaman yang belum sepenuhnya kondusif tidak menyurutkan geliat penyelenggaraan Pemilu Legislatif secara serentak untuk wilayah kerja KBRI Sana’a. Tercatat 1.335 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah memberikan suaranya dalam Pemilu guna menjalankan amanat konstitusi.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) KBRI Sana’a telah membentuk tiga TPS (Hudaidah, Sana’a, dan Tarim) serta empat grup petugas dropbox (Mukalla, Tarim, Zabid, dan Aden). Dalam siaran pers KBRI Yaman kepada detikcom, Selasa (8/4/2014), pemilu dimulai pada pukul 08.00 dan dibuka oleh Duta Besar RI untuk Yaman.

Duta Besar RI untuk Yaman menyampaikan bahwa pemilu merupakan bagian dari partisipasi aktif warga negara untuk kemajuan bangsa. Suara yang disalurkan meskipun hanya satu akan mampu menentukan perubahan untuk menuju Indonesia yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Pelaksanaan Pemilu Legislatif berlangsung secara lancar dan tertib. Sebanyak 1.335 DPT (58%) dari total 2.300 pemilih yang terdaftar dalam DPT telah menyampaikan suaranya baik melalui TPS maupun dropbox di kota-kota di Yaman. Surat suara yang terkumpul telah diamankan dan akan dilakukan penghitungan suara pada tanggal 9 April besok.

Sepak terjang pelaksanaan Pemilu Legislatif di tengah proses transisi politik di Yaman menjadi tantangan tersendiri guna menyampaikan aspirasi WNI. Penunaian hak politik WNI adalah salah satu bentuk upaya membangun bangsa yang berkarakter. Diharapkan WNI agar dapat menggunakan momentum Pemilu untuk Indonesia yang lebih maju dan solid.

Rekapitulasi penerimaan surat suara Pemilu di Yaman adalah sebagai berikut:

1. TPS Sana’a Daftar Pemilih 212 orang, jumlah suara masuk 116 suara
2. TPS Tarim Daftar Pemilih 746 orang, jumlah suara masuk 410 suara
3. TPS Hudaida Daftar Pemilih 113 orang, jumlah suara masuk 83 suara

Sementara untuk jumlah dropbox dan pos yang masuk di Yaman, daftar pemilih berjumlah 1.229 orang dan suara yang masuk sebanyak 726 suara. (Detik/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 2,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi - Pemilihan Umum (Pemilu) 2014. (kpu.go.id)

Ditemukan 11 Modus Pelanggaran Beraroma Kecurangan Pemilu di Yogyakarta