Home / Berita / Internasional / Afrika / Tokoh Salafi Mesir Umumkan Pencapresan Dirinya dari Balik Terali Terdakwa di Pengadilan

Tokoh Salafi Mesir Umumkan Pencapresan Dirinya dari Balik Terali Terdakwa di Pengadilan

Syeikh Hazem Shalah Abu Ismail di balik terali terdakwa di pengadilan (islammemo)
Syeikh Hazem Shalah Abu Ismail di balik terali terdakwa di pengadilan (islammemo)

dakwatuna.com – Mesir. Tokoh salafi Mesir yang menentang kudeta militer Al-Sisi terhadap Presiden Mursi, Syeikh Hazem Shalah Abu Ismail, mengumumkan (5/4) pencapresan dirinya dari balik terali terdakwa sebelum majlis hakim memulai untuk menyidang kasus pidana terhadap dirinya.

Dengan suara lantang Syeikh Abu Ismail membacakan surat pernyataan yang ditulis tangan tentang pencalonan dirinya tersebut dan meminta pengadilan memfasilitasi pendaftaran dirinya ke Komite Pemilu Presiden Mesir.

Syeikh Hazem Shalah Abu Ismail merupakan salah seorang capres dalam Pilpres Mesir 2012 yang dimenangkan oleh Presiden Muhammad Mursi.

Meskipun menjadi kompetitor Mursi, dalam perjuangan menghadapi upaya-upaya kelompok sekuler menggulingkan Presiden Mursi yang akhirnya berujung dengan kudeta militer, Syeikh Abu Ismail menjadi salah satu tokoh sentral dalam barisan Koalisi Nasional Pro-Legitimasi Presiden Mursi.

Syeikh Abu Ismail dijebloskan ke dalam penjara oleh pemerintah kudeta atas tuduhan pemalsuan identitas ibu kandungnya yang telah memperoleh kewarganegaraan AS. Dalam hal itu, Konstitusi Mesir mensyaratkan bapak dan ibu orang yang mencalonkan diri dalam Pilpres murni berkewarganegaraan Mesir.

Sejumlah pihak menilai, keinginan Syeikh Hazem Shalah Abu Ismail maju dalam Pilpres Kudeta untuk mengalihkan perhatian majlis hakim dan pendukung kudeta militer dari kasus pemalsuan identitas yang menjerat dirinya. (islammemo/rem/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Rio Erismen
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Presiden Mesir yang dikudeta As-Sisi (islammemo.cc)

Benarkah Presiden Aljazair Minta Hukuman Mati Mursi Dibatalkan?

Organization